Ini Harapan Ketua Pemuda Pancasila Parepare di Momen Hari Lahir Sumpah Pemuda 2021

  • Whatsapp
Ini Harapan Ketua Pemuda Pancasila Parepare di Momen Hari Lahir Sumpah Pemuda 2021
Ketua MPC Pemuda Pancasila Parepare, Fadly Agus Mante

PAREPARE, UPEKS.co.id — Makna Sumpah Pemuda memiliki arti mendalam bagi sejarah bangsa. Isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 ialah ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu Indonesia.

Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk mengenang kembali sepak terjang para pemuda dan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Ikrar Sumpah Pemuda merupakan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa. Melalui ikrar ini, refleksi nasionalisme para pemuda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dapat ditunjukkan, Kamis (28/10/2021).

Bacaan Lainnya

Memiliki karya dan prestasi bisa menjadi cara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP). Dengan cara ini, pemuda menunjukkan potensinya sebagai pribadi yang unggul, pribadi yang memiliki semangat juang tinggi, dan pantang menyerah.

Seperti kegiatan yang selenggarakan Pemuda Pancasila Parepare, di Hari Ulang Tahun Pemuda Pancasila ke-62, yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Ketua Pemuda Pancasila Parepare, Fadly Agus Mante, mengatakan, Sumpah Pemuda merupakan konsensus kebangsaan yang dibangun oleh para tokoh pemuda (the founding father) negeri ini merupakan semangat nasionalisme yang menjadi komitmen persatuan dan titik tolak perubahan untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang lepas dari belenggu penjajahan menuju tanah tumpah darah Indonesia yang adil, makmur, sentosa serta berdaulat di mata dunia.

“Melalui momentum HSP tahun ini, sebagai generasi muda kita wajib untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa ini dengan berkontribusi secara nyata melalui pemikiran dan mengambil posisi peran strategis di segala sektor pembangunan,” tutur mantan legislator Parepare ini.

Kata mantan pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Parepare itu, ia melihat kaum muda di Kota Parepare memiliki talenta kepemimpinan dan skill di dunia wirausaha yang mumpuni.

“Tentunya, menjadi energi positif dan potensial bagi kemajuan Parepare, kita berharap pemerintah dapat bersinergi dan memberi ruang dengan menggandeng kaum muda dalam mewujudkan karya nyata membangun Parepare yang lebih baik,” harap pria yang akrab disapa Awing.

Ketika Pancasila dalam ancaman dan hendak dirongrong oleh barisan Pemuda Rakyat beserta kekuatan PKI kata Fadly, dengan pemuda dari kader-kader Pemuda Pancasila sigap tampil sebagai perisai penyelamat.

Dengan semboyan “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang” Pemuda Pancasila harus siap dan tak gentar dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi baik itu perubahan zaman, politik, sistem pemerintahan, kebijakan pemerintah, globalisasi, maupun penggantian pimpinan nasional sekalipun. (AU)

Pos terkait