Sempat Akan Jual Motor, Sarma Lega Akhirnya Bisa Jalani Operasi Pengangkatan Kista

  • Whatsapp
Sempat Akan Jual Motor, Sarma Lega Akhirnya Bisa Jalani Operasi Pengangkatan Kista

 

Baubau, upeks.co.id – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membawa harapan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perlindungan kesehatan. Hal ini yang dirasakan oleh Sarma (39), seorang guru di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Buton.

Bacaan Lainnya

Saat dijumpai di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Jumat (03/09), Sarma hendak melakukan perubahan data kepesertaan. Ia menceritakan bahwa pernah mengalami sakit karena terdapat kista dan harus dilakukan tindakan operasi.

“Saya pernah melakukan tindakan operasi kista pada tahun 2014 di Rumah Sakit Siloam Buton, alhamdulillah tindakan operasi berjalan dengan lancar dan kista dapat diangkat. Sebelum tindakan operasi dilakukan suami saya mendapat informasi bahwa biaya operasi kista sangat besar, sempat suami saya berniat untuk menjual motor untuk biaya operasi. Namun setelah saya menggunakan kartu JKN-KIS ternyata biayanya ditanggung dan akhirnya suami saya tidak jadi menjual motor kesayangannya,” ujar Sarma.

Ia juga menambahkan bahwa pelayanan saat itu selama di rumah sakit sangat baik, penanganan dokter dan perawat juga cepat tanpa ada perbedaan perlakuan dengan pasien lain.

“Saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan saat di rumah sakit kala itu, perawat bahkan dokternya tidak membeda-bedakan. Selain operasi kista yang saya jalani, kami pernah juga menggunakan kartu JKN-KIS pada saat melahirkan anak ketiganya dan tidak dipungut biaya,” ungkapnya.

Sarma juga mengapresiasi pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Baubau, ia mengaku dilayani dengan baik dan diberikan penjelasan yang lengkap mengenai kepesertaan JKN-KIS ketika hendak melakukan perubahan data kepesertaan.

Sarma sangat bersyukur karena telah menjadi peserta JKN-KIS, dia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta dan membayar iuran tepat waktu agar kartunya bisa selalu aktif dan selalu siap digunakan kapan pun membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kartu JKN-KIS ini menemani saya dan keluarga. Mari bersama-sama mendaftarkan diri dan membayarkan iuran tepat waktu agar selalu aktif dan dapat digunakan kapanpun,“ tutur Sarma.