Petugas Coklit KPU Diharapkan Edukasi Warga,Terapkan Protokol Kesehatan

Petugas Coklit KPU Diharapkan Edukasi Warga,Terapkan Protokol Kesehatan

Petugas Coklit KPU Diharapkan Edukasi Warga,Terapkan Protokol Kesehatan

GOWA, UPEKS.co.id–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa Apel Kesiapan Gerakan Pencocokan dan  Penelitian (Coklit) Serentak (GCS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020 secara virtual melalui  aplikasi Zoom, Sabtu (18/7/2020).

Bacaan Lainnya
 

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan, proses Coklit atau pemutahiran data pemilih ini  merupakan salah satu dari tahapan Pilkada Gowa 2020 yang saat ini sementara berlangsung.

“Proses Coklit itu berjalan tanggal 15, tapi gerakan serentak mulai 18, yaitu launching Gerakan Coklit Serentak dan  ini seluruh masyarakat, dilaksanakan hingga 13 Agustus 2020,” kata Muhtar Muis.

Dirinya menyebutkan jumlah petugas Coklit atau Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang akan turun ke  masyarakat berjumlah 1.430 orang.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan proses Coklit ini merupakan salah satu bagian  terpenting dari tahapan Pilkada untuk bisa mencocokkan data pemilih sehingga masyarakat bisa menggunakan  hak pilihnya pada Pilkada Desember mendatang.

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini berharap proses pemutakhiran data pemilih ini berjalan dengan baik,  meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

Olehnya itu, dirinya meminta agar seluruh petugas PPDP KPU agar tetap  menerapkan protokol kesehatan selam proses Coklit seperti masker, pelindung muka, jaga jarak dan membawa  handsanitizer.

Hal ini penting kata Adnan untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Mengingat kasus Covid-19 di  Kabupaten Gowa masih tinggi dan penularannya melalui mata, mulut dan hidung. Sehingga penggunaan masker  dan face shield merupakan cara efektif untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona.

“Saya berharap para petugas yang melaksanakan Coklit adalah agen yang juga bisa mengedukasi sekaligus  masarakat kita dengan memakai masker, jaga jarak, tidak berkontak tidak bersalaman dan juga rajin cuci tangan,”  ujar Adnan.

Adnan menyebutkan dengan dengan disiplin mengikuti Protokol Kesehatan maka penularan Covid-19 dapat  diminimalisir dan dirinya berharap Pilkada pada Bulan Desember mendatang kasus Covid-19 di Kabupaten Gowa  sudah mengalami penurunan.

Bupati Adnan juga meminta para petugas Coklit dapat mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi  pemilih pada Pilkada mendatang walaupun dalam situasi pandemi Covid.(Sofyan).

Pos terkait