KPU Majene Lakukan Coklit Pemilih

KPU Majene Lakukan Coklit Pemilih

KPU Majene Lakukan Coklit Pemilih

MAJENE, UPEKS.co.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene melaksanakan Pencocokan dan  Penelitian (coklit) untuk pemutakhirandata pemilih Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Majene.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih dan memastikan  daftar pemilih tersusun denganbaik.

Ketua KPU Majene, Arsalin Aras mengatakan, apa yang dilakukan KPU Majene, juga dilakukan serentak oleh  sejumlah KPU lainnya di Sulbar, atau daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak.

“Coklit lakukan serentak, mulai dari KPU Pusat hingga ketua dan anggota PPK, PPS ikut bersama Petugas  Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan coklit pada Sabtu (18/7/2020). Jumlah petugas PPDP di Majene sebanyak 420,”kata Arsalin, Minggu (19/7/2020).

Untuk mensukseskan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebutnya, seluruh ketua dan anggota KPU Kabupaten  Majene turun menyebar di 8 kecamatan. Begitu juga dengan PPK dan PPS ikut turun mendampingi PPDP  melakukan coklit.

“Bahkan sebagai bentuk keseriusan sosialisasi GCS tersebut, diawali apel siaga Petugas Pemutakhiran Data  Pemilih (PPDP), Sabtu (18/07). Coklit itu sesuai jadwal, dimulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020,”katanya.

Sementara itu anggota KPU Sulbar, Farhanuddin mengatakan, Jumlah PPDP yang bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih pemilihan kepala daerah 2020 di empat kabupaten di Sulbar sebanyak 1.779 orang

“Seluruh anggota KPU Provinsi Sulawesi Barat menyebar di empat kabupaten tersebut , memonitoring  pelaksanaan GCS dan apel siaga, termasuk saya di Majene juga ikut melakukan monitoring pelaksanaan coklit,”jelas Farhanuddin.

Di Majene, menurut Farhanuddin, ia lakukan monitoring coklit oleh PPDP di kediaman pimpinan pondok  pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga, KH. Ismail Nur, pimpinan daerah Aisyiyah Majene, Hj. Halamiah Mahmud dan salah satu jurnalis senior Sulbar, Alimukhtar.

“Pencocokan dan Penelitian atau Coklit ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dengan bertemu Pemilih  secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari rukun tetangga/rukun warga, semuanya dalam standar  protokol,” jelas Farhanuddin.(Alimukhtar)

Pos terkait