Muh Bakri: Mewujudkan Germas Dibutuhkan Komitmen Semua Pihak

  • Whatsapp
Muh Bakri: Mewujudkan Germas Dibutuhkan Komitmen Semua Pihak

KOLAKA, UPEKS.co.id—Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muh Bakri mengatakan bahwa dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dibutuhkan komitmen semua pihak, mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah. Pertemuan ini merupakan evaluasi terhadap aksi-aksi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Bakri mewakili Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat membuka Pertemuaan Kordinasi Forum Diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat(Germas) tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2021 dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan berlangsung di salah satu hotel pada(22/7/21).

Bacaan Lainnya

Acara dihadiri oleh jajaran Kepala Satuan Perangkat Daerah(SKPD) lingkup Pemkab Kolaka, Kemenag Sultra selaku narasumber, Ketua Tim Penggerak PKK Kolaka dan undangan.

Dikatakannya bahwa dalam mewujudkan Germas bukan hanya dilakukan oleh Dinkes saja, tetapi dilakukan oleh semua pihak. Upaya mewujudkan kesehatan masyarakat dengan sumber daya manusia yang produktif salah satu modal investasi pembangunan.

Hal itu sejalan dengan misi ketiga dari sembilan skala prioritas pembangunan Kabupaten Kolaka yaitu meningkat kualitas pendidikan, kesehatan, serta semua sendi-sendi sosial budaya dan agama.

“Kita semua berharap Germas ini bisa berjalan dengan baik dilapangan dengan komitmen semua pihak,”kata Bakri.

Lanjutnya setiap individu membutuhkan pelayanan kesehatan yang baik, karena itu Pemerintah Kabupaten Kolaka terus mewujudkan masyarakat hidup sehat dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang baik. Keberhasilan dalam melakukan pencegahan penyakit menular dan penyakit tidak menular tergantung polah hidup sehat, tentunya didukung oleh lingkungan sehat.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini Bakri mengajak saling bahu membahu membangun kesehatan bukan hanya dilakukan oleh Dinkes saja tetapi melibatkan semua pihak dengan peran dan tugas masing-masing.

“Berikanlah pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara hidup sehat, melalui olah raga, serta mengonsumsi makanan sehat,” ujar Bakri.

Sementara Kadinkes Kolaka Harun Masirri juga salah satu narasumber dalam pertemuan itu, setidak Kolaka bisa menjadi salah satu daerah menjadi percontohan Germas. Meski demikian tentunya pihak Pemprov Sultra lebih berperan aktif khususnya dalam permasalahan anggaran.

“Kira berharap Kabupaten Kolaka bisa menjadi daerah percontohan Germas, namun diharapkan Pemprov Sultra berperan aktif khususnya masalah anggaran,” harapnya. (pil)

 

Pos terkait