Sidang Klasis III BPMK Gepsultra Berlangsung dengan Prokes Ketat

  • Whatsapp
Sidang Klasis III BPMK Gepsultra Berlangsung dengan Prokes Ketat
Ketua BPMK Kolaka-Kolaka yang baru, Pdt Edar Buku menandatangani dokumen usai dilantik Sekretaris II BPM Sinode Gepsultra Pdt Yotan Luftehe di Gedung Gepsultra Jemaat Unaasi (27/10/2021).

* Pdt Edar Buku Terpilih Sebagai Ketua Periode 2021-2026

KOLAKA, UPEKS.co.id — Sidang Klasis III Badan Pekerja Majelis Klasis (BPMK) Gereja Protestan di Sulawesi Tenggara (Gepsultra) yang dilaksanakan di Gepsultra Jemaat Unaasi Kelurahan 19 November Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka, Sulawesi Utara (Sultra), Rabu (27/10/2021) dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat kepada semua peserta.

Bacaan Lainnya

Sidang Klasis III BPMK Kolaka Utara (Kolut) bertindak selaku Ketua Panitia Penatua (Pnt), Jaya Tangmaroe,S.Th dalam laporannya mengungkapkan terlaksananya Sidang Klasis III ini, bertindak selaku pelaksana acara adalah Jemaat Unaasi.

Atas kepercayaan yang diberikan selaku tuan rumah pelaksana acara, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja samanya dengan semua jemaat, panitia serta semua pihak yang terlibat.

“Kami mengucapkan selamat bersidang untuk menentukan pengurus organisasi lima tahun ke depan,” ungkap Jaya.

Peserta sidang telah menyepakati empat orang unsur pimpinan sidang untuk memandu dalam membahas semua agenda sidang yaitu Pdt Aris Tonapa, Pdt Amelia, Pdt Edar Buku dan Pdt Petrus Puang diwakili oleh salah seorang Penatua Jemaat Huko-Huko Pomalaa Kolaka.

Agenda sidang yang dibahas item per item mulai dari laporan pertanggungjawaban pengurus BP3K, BPMK Kolaka Kolut yang lama, berjalan begitu alot karena adanya persoalan internal pengurus lama. Menengarai hal itu salah seorang penatua Jemaat Pniel Laombaa, Harun Masirri meminta duduk bersama beberapa utusan dari peserta sidang untuk bersama mencari solusi terbaik.

Atas usulan itu pimpinan sidang, Aris Tonapa menyahuti dan langsung mengetok palu pertanda sidang diskors beberapa menit untuk mencari solusi yang terbaik demi kelangsungan organisasi lebih baik ke depan.

Usai makan malam dilanjutkan dengan pemungutan suara untuk menentukan pengurus BPMK dan BP3K Kolaka-Kolut lima tahun ke depan. Pemilihan dengan sistim voting menulis nama pada kertas yang dibagikan oleh panitia. Dari 108 orang utusan denominasi gereja lingkup Gepsultra yang memiliki hak suara hanya 24 orang pendeta.

Sementara utusan lainnya dan pendeta yang melayani di gereja statusnya masih bakal jemaat tidak memiliki hak suara untuk memilih dan dipilih, tetapi hanya sebagai peninjau sesuai peraturan dasar dan peraturan rumah tangga Gepsultra.

Hal itu disampaikan oleh salah seorang pimpinan sidang Aris sambil menunjukkan buku Tata Dasar Gepsultra.

Dari 24 kertas surat suara yang dibacakan satu persatu oleh salah seorang panitia Abner Abdullah. Kedua kandidat calon Ketua BPMK Kolaka-Kolut yakni Edar Buku meraih 13 suara, sementara Aris Tonapa meraih 11 suara. Sehingga posisi Ketua BPMK Kolaka-Kolut dipercayakan kepada Edar juga mantan Sekretaris BPMK periode 2016-2021. Sementara diposisi Sekretaris terpilih Pdt John Ebert Oroh dan Bendahara Yuliana.

Pada pemilihan BP3K selaku rekan kerja BPMK juga terpilih tiga orang pengurus masing-masing Jenni sebagai Ketua Abner Abdullah sebagai sekretaris dan Salmon sebagai anggota. Dengan terpilihnya BPMK dan BP3K yang baru periode 2021-2026, langsung dikukuhkan oleh Sekretaris II Pengurus Badan Pekerja Majelis Sinode(BPMS) Gepsultra, Pdt Yotan Luftehe, S.Th.

Yotan, usai melantik pengurus BPMK dan BP3K yang baru, ia berpesan kepada Ketua BPMK maupun BP3K periode lima tahun ke depan agar bekerja maksimal membawah organisasi kearah yang lebih baik. Pengurus BPMK hendaknya selalu membangun komunikasi dengan semua jemaat, membangun komunikasi dengan pemerintah maupun Forum Kerukunan Antar Umat Beragama.

“Apapun yang diputuskan dalam sidang ini, sebagai keputusan yang tertinggi diharapkan program-program bisa membawah organisasi lima tahun ke depan dengan berlandaskan Kasih dari Firman Tuhan,” ungkap Yotan.

Sementara Ketua terpilih Edar usai dilantik mengucapkan terima kasih kepada Jemaat Unaasi yang bertindak selaku pelaksana acara, berlangsung dengan baik dan aman.

“Saya berterima kasih kepada rekan sesama pendeta yang memberikan kepercayaan bisa membawah organisasi BPMK lima tahun ke depan, mohon dukungan dan doanya agar BPMK bisa eksis dan berjalan dengan baik ke depan berlandaskan Firman Tuhan,” ujar Edar.(*)

Laporan: Philips Nazareth.

Pos terkait