Ingin Tahu Khasiat Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong, Kunjungi BUMDES Batumila

  • Whatsapp
Ingin Tahu Khasiat Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong, Kunjungi BUMDES Batumila
HERBAL. Kades Batumila, Hj. Rachmawati Arsyad memperlihatkan Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong hasilkarya Masyarakat Desa Batumila. (Foto Sry)
Ingin Tahu Khasiat Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong, Kunjungi BUMDES Batumila

HERBAL. Kades Batumila, Hj. Rachmawati Arsyad memperlihatkan Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong hasil karya Masyarakat Desa Batumila. (Foto Sry)

ENREKANG,UPEKS.co.id — Desa Batumila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, salah satu desa yang  menyatakan perang terhadap penyebaran virus Corona dari awal Wabah penyakit ini masuk di Indonesia.

Dipimpin seorang perempuan, Hj. Rachmawati sebagai Kepala Desa bersama Tim Relawan Covid-19 yang  dibentuk di desa Batumila Rachmawati aktif melakukan kampanye gerakan hidup sehat hingga ke pelosok  desanya.

Bacaan Lainnya

Penyemprotan disinfektan,pembagian Handsoap,masker dan semua yang bersifat melawan Covid-19 dilakukan  oleh satu-satunya Kades Perempuan di Enrekang ini.

Kesehatan warganya dalam menangkal virus Corona betul-betul jadi prioritas utamanya selama beberapa bulan  terakhir.

Bahkan untuk menjaga sistem imun masyarakat desa Batumila dan masyarakat Enrekang, Badan Usaha Milik  Desa (BUMDES) Batumila kini memproduksi Jamu Herbal Alami yang bahan dasarnya diambil dari kearifan lokal  desa Batumila.

Kades Batumila, Hj. Rachma mengatakan jamu yang dibuat oleh Masyarakat Desa Batumila ini baru tahap uji coba.  Meski begitu, karena jamu ini terbuat dari rempah seperti Jahe,Kunyit, temulawak,sereh dan gula merah serta  tidak mengandung bahan lain seperti pengawet,perasa, pewarna maka dalam sekejap ratusan botol sudah terjual  habis bahkan ada Pejabat di Enrekang yang juga sudah mencoba.

“Jadi kita baru tahap uji coba atau baru tahap promosi. Kedepan akan kami kemas dalam bentuk yang lebih cantik  dan tentunya sudah memiliki Brand dan label Halal dan BPOM supaya Bundes Batumila punya produk paten. Dan  itu akan kami lakukan secara bertahap”. Kata Rachmawati.

Selain Jamu, Bundes Batumila juga memproduksi bedda Lotong yaitu bedak tradisional yang sudah hampir punah  pada saat ini padahal di jaman dahulu kala bedak ini yang digunakan oleh wanita Bugis Makassar untuk merawat  kecantikan kulit mereka.

Saat ini desa Batumila mencoba menggali kembali ramuan kecantikan tradisional yang berbahan dasar kearifan  lokal untuk mengajak perempuan Massempulu kembali ke Budaya Nenek moyang kita merawat kulit Dengan  menggunakan rempah-rempah yang dipercaya dapat menyehatkan kulit kita secara alami.

“Bedda Lotong ini berbahan dasar yang sangat aman untuk kulit karena terbuat dari beras ketan hitam,bengkoang,  jeruk lemon, asam Kandis (Asam Jawa), minyak zaitun dan rempah-rempah alami lainnya. Jadi betul-betul dibuat  tanpa campuran bahan berbahaya”. Kata Kepala desa dua periode ini.

Bagi yang ingin mencoba Jamu Herbal Alami dan Bedda Lotong dengan harga sangat terjangkau, silahkan mengunjungi BUMDES Batumila disana kita akan disuguhkan dengan pemandangan berbeda karena desa ini menerapkan protokoler kesehatan yang sangat ketat kita harus cuci tangan, diperiksa Suhu tubuh,pakai masker  dan tetap dibatasi dengan sekat di ruang pelayanan.

” Jadi tidak ada kontak sama sekali, apalagi saat ini Desa Batumila adalah Pilot Projek Desa Tangguh di  Kecamatan Maiwa” pungkasnya. (Sry)

Pos terkait