Sandiaga Uno Disambut di Bandara Bua Sampai ke Kambo

Sandiaga Uno Disambut di Bandara Bua Sampai ke Kambo

Luwu, Upeks.co.id–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dr. Sandiaga Salahuddin Uno,  bersama Jajaran Kementerian Parekraf, disambut Wali Kota Palopo, Drs. M. Judas Amir  bersama Forkopimda, dan Jajaran Pemkot Palopo, terkait Penghargaan Anugerah 50 Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. di Desa Wisata Kambo Kec. Mungkajang Kota Palopo. Rabu, (12/10).

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, disambut di Bandar Udara Lagaligo Bua, oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Muh. Ihsan Asharuddin, bersama Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs. Muhammad Arifin,  dan Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Setelah itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, bertolak menuju Kambo Kecamatan Mungkajang Kota Palopo.

Ratusan warga memadati lokasi Desa Wisata Kambo, yang terletak di Kelurahan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, sangat antusias menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Diketahui, Desa wisata Kambo Kota Palopo menjadi salah satu dari 50 Desa wisata terbaik yang ada di Indonesia, secara geografis letak Desa wisata Kambo berada di kawasan perbukitan, sehingga sangat asyik menyaksikan keindahan kota Palopo dan sekitarnya. Oleh karena itu Menteri Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno. mengunjungi langsung Kota Palopo untuk melihat Desa Wisata Kambo yang terletak di Kec.Mungkajang Kota Palopo ini. Sesampainya di bandar udara Bua Palopo Rabu Pagi, (12/10/2022) , beliau beserta rombongan langsung menuju Desa wisata Kambo, sesampainya disana Menteri dan rombongan disambut dengan iringan rebana dan tari paduppa ialah tari selamat datang.

Menteri beserta rombongan dan tim penilai ADWI mendengarkan paparan/presentasi oleh Ketua/Wakil Ketua Pokdarwis, apa saja yang ada, dan akan menjadi daya tarik pengunjung di Desa Wisata Kambo seperti layanan Homestay, CHSE Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability, (kelestarian lingkungan), kebersihan toilet umum, souvenir, produk makanan asli masyarakat setempat dan kerajinan tangan oleh warga yang ada di Desa wisata Kambo. Lanjut rombongan Menteri menuju area souvenir kuliner dan fesyen, disitu beliau ditantang untuk membuat sarabba minuman khas daerah bugis, dan bulatan ongol-ongol olahan manis sagu, juga  beliau menyaksikan dan mencoba permainan tradisional gasing bersama anak-anak setempat.

Walikota Palopo H.M Judas Amir MH. dalam kunjungan tersebut mengatakan ada beberapa hal yang kami ciptakan, dan laksanakan di Kota Palopo, tak lain untuk menarik perhatian masyarakat luar Kota Palopo, agar datang bekunjung dan menikmati wisata, yang ada di Palopo, diantaranya ialah, menghadirkan Desa wisata Kambo sendir, dan sementara dalam pelaksanaan ialah Seribu Taman termasuk taman pahlawan nantinya,

” Insya Allah kedepan akan ada tambahan objek wisata lapangan golf, yang sementara direncanakan dan digagas demi Kota Palopo Kota Wisata Kesehatan” ungkap Walikota.

Dalam kunjungan itu Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, juga memberikan dukungan potensi desa wisata berupa peralatan Camping Ground untuk Desa Wisata Kambo, Paket CHSE, juga pemberian berupa piagam penghargaan atas capaian Kota Palopo dalam meningkatkan nilai Pariwisata yang ada di Indonesia khususnya di Kota Palopo, dan Plakat/Prasasti tanda bahwa Desa wisata Kambo Kota Palopo sebagai 50 desa terbaik desa wisata Indonesia.

“Tentu saya berharap kehadiran menteri ini, menjadikan kebangaan dan motivasi bagi masyarakat dan Pemerintah di Kota Palopo ini, untuk lebih melakukan lagi sesuatu yang bersifat bisa mendorong juga perasaan orang lain datang ke sini,” Ujar Wali Kota Palopo.

“Karena Palopo ini adalah kota jasa, maka mau tidak mau, itu yang harus kita ciptakan. Alhamdulillah di Kota Palopo, ini kita sudah sampaikan ke tim penilai, bahwa di Palopo ini, kita sudah canangkan sebagai Kota Wisata Kesehatan, karena hampir di seluruh tempat pelayanan kesehatan, itu sudah kita siapkan Rest Area,” Papar Wali Kota.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan untuk mewujudkan pariwisata yang baik, tentunya dibutuhkan mitra dalam hal ini, Pemerintah Kota Daerah/Provinsi, maupun pihak swasta, agar setiap program yang ada di Kementerian Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, ia berharap Desa Wisata Kambo mampu menginspirasi dan menjadi contoh tempat wisata yang baik dari segi pengelolaan, kebersihan, kenyamanan dan keindahan wisata.

“Kesan saya ini sangat indah, pemandangan yang epik, dan ini dikemas dalam konsep sunrise” katanya.

Ia melihat dan berpendapat bahwa produk-produk ekonomi kreatif, yang ada di desa Wisata Kambo sangat unggul, terlihat dari kwalitas produk itu sendiri pada waktu proses pembuatan produk itu sendiri. Ia juga menambahkan daya tarik suatu wisata juga bisa dikembangkan melalui ecotourism maupun sports tourism, mountain bike yang memang cocok dengan lokasi wisata seperti Desa Wisata Kambo.

Turut hadir, Gubernur, diwakili Kadis Pariwisata Sul-Sel, jajaran Pemerintah Kota Palopo,  dan tamu undangan.(echa)