Ketua Apdesi Kolaka Minta Para Kades Kelola DD Sesuai Petunjuk Teknis

Ketua Apdesi Kolaka Minta Para Kades Kelola DD Sesuai Petunjuk Teknis

KOLAKA,UPEKS.co.id— Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kolaka Sultra Punggoro, meminta kepada semua rekan-rekan Kepala Desa (Kades) baik yang baru terpilih sebagai Kades maupun yang sementara kepemimpinannya sedang berlangsung. Agar dalam mengelolah keuangan negara Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) menggunakan anggaran sesuai dengan undang-undand desa dan petunjuk teknis.

“Saya meminta kepada semua rekan-rekan Kades agar menggunakan anggran ADD dan DD sesuai regulasi dan petunjuk teknisnya,” pinta Punggoro.

Bacaan Lainnya

Kepada media ini, Selasa (11/10/22) menuturkan pengalamannya saat menjabat sebagai Kades selama 18 tahun dan 3 tahun sebagai pelaksana Kades. Meski demikian kata Punggoro hingga selesai masa jabatannya selama 18 tahun pengunaan anggran ADD dan DD sesuai dengan mekanisme petunjuk teknis apa yang diperintahkan undang-undang.

“Alhamdulillah sampai selesai masa jabatan saya sebagai Kades selama 18 tahun pengelolaan keuangan dengan baik dan aman dari sentuhan hukum,” ujar Punggoro mantan Kades Baula. 

Dikatakannya mengingat selama ini sudah ada beberapa rekan Kades yang harus berhadapan dengan hukum, karena persoalan adanya temuan dalam pengelolaan keuangan DD. 

“Jadi kalau menggunakan anggaran DD tidak sesuai nekanisme itu sudah pasti akan bermasalah dengan hukum,” kata Punggoro. 

Menurutnya bilamana Kades tidak ingin bermasalah dengan hukum terkait penggunaan anggaran DD kuncinya adalah sesuai petunjuk teknis. Tetapi bilamana menginginkan atau menggunakan keuangan yang tidak sesuai dengan petunjuk teknis, maka sudah pasti akan menjadi temuan. 

“Dan kalau sudah jadi temuan maka tunggu saja hasilnya pasti berhadapan dengan hukum,” ujarnya. 

Ia juga berharap kedepan perbaikan pendapatan para Kades ini bisa ditingjatkan, karena selama ini gaji seorang Kades yang diterima per triwulan hanya sebesar Rp 12 juta lebih. 

“Apa yang kami perjuangkan bersama dengan semua APDESI untuk memperjuangkan perbaikan pendapatan gaji Kades agar bisa ditingkatkan,” pungkasnya. (pil)