Dinas Perpustakaan Gelar Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca

Dinas Perpustakaan Gelar Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca

Selayar,Upeks.co.id— Dalam rangka menggalakkan promosi dan kampanye kegemaran membaca serta mendekatkan perpustakaan pada masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan kegiatan Road show pengembangan kegemaran membaca.

Kegiatan dengan menghadirkan sekitar seratus peserta ini mengusung tema “Pemanfaatan Trend Aplikasi Media Sosial Untuk Perpustakaan Yang Berbasis Inklusi Sosial”.

Bacaan Lainnya

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Salahuddin, S.Sos kepada media ini, Rabu (12/10/2022) pagi. 

Dikatakan bahwa, kegiatan Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca  digelar pada Sabtu (28/9)di Hotel Rayhan Square Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa gerakan literasi yang kita bangun harus tetap kita tumbuhkan dengan kreatif dan Inovatif.  Dimana Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar telah membuktikan dengan memfasilitasi Road Show Pengembangan Kegemaran Membaca.

Lanjut dikatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini sedang giat giatnya mengupayakan agar dapat ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, Pusat Distribusi Logistik untuk Indonesia Timur serta mengupayakan agar terbangunnya kawasan Industri Perikanan Terpadu dan itu dilakukan untuk mendorong Laju Pertumbuhan Pembangunan yang memberi dampak langsung kepada masyarakat sehingga membutuhkan peranan SDM yang terampil dan berkualitas. 

“Olehnya itu peran dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangat penting untuk mengedukasi masyarakat, mendorong peningkatan kecerdasan masyarakat melalui peningkatan minat baca serta menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan transformasi perpustakaan berbasis Inklusi Sosial,” tandasnya. 

Selain itu, kata Dia  bahwa saat ini Paradigma Perpustakaan sudah mengalami perubahan, kalau dulu perpustakaan digunakan untuk tempat membaca dan meminjam buku tapi  sekarang sudah bertransformasi bukan hanya untuk tempat membaca saja namun  Perpustakaan juga sudah berfungsi sebagai pusat informasi dan tempat berkegiatan masyarakat.

“Perpustakaan sekarang tidak ekslusif tapi inklusif dan Perpustakaan sudah menjadi pusat informasi dan pusat kegiatan belajar masyarakat sehingga dengan melaksanan berbagai kegiatan pelatihan dan pengembangan kualitas SDM bisa mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” Pungkasnya. 

Hadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel yang diwakili oleh Abdul Hadi,S.Sos., MM. sekaligus Pemateri, Kepala Dinas Perpustakaan Kepulauan Selayar, H. Salahuddin, Sos., Kepala UPT Perpustakaan dan undangan lainnya. (Sya)