PRKM Gaet UMKM dan Pelaku Industri Kreatif Bangkitkan Ekonomi

  • Whatsapp
PRKM Gaet UMKM dan Pelaku Industri Kreatif Bangkitkan Ekonomi

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Pekan Raya Kota Makassar (PRKM) yang digelar oleh Sulapa Event Production resmi dibuka, PPKM ini berlansung mulai 24 sampai 3 Juli 2022 mendatang, di Celebes Convention Center (CCC).

Peresmian PRKM ini dibuka langsung oleh Kadis Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem yang ditandai dengan beragam penampilan tarian khas daerah Sulawesi Selatan, fashion show dari MUA makeup pengantin yang ada di Sulsel.

Bacaan Lainnya

Event ini merupakan event berskala nasional lokal yang pertama kali digelar pasca pandemic covid-19 yang mengguncang ekonomi Indonesia dan dunia.

Kadis Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan, PRKM ini akan menjadi event tahunan yang di masukkan dalam kalender Dinas Pariwisata (Dispar).

“Event ini menggaet UMKM dan semua pelaku industri kreatif. Tak lain, ini menandakan kebangkitan pariwisata di Kota Makassar dan membangkitkan perekonomian di Makassar pasca pandemi Covid-19,” katanya.

Kata dia, jika kedatangan para wisatawan, entah datang karena ingin melihat ragam UMKM kuliner ataupun produk khas Sulsel yang dijual.

“Apresiasi buat penyelenggara Sulapa Production karena bisa membangkitkan kembali event di Makassar. Apalagi ada banyak sekali artis yang diundang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Promotor Event PRKM, Andi Muhammad Ismail mengatakan, PRKM ini menampilkan beragam kuliner, produk, pelaku seni maupun entertainment.

Untuk pelaku UMKM, dihadirkan setiap hari hingga malam selama 10 hari kedepannya. “Event  ini digelar dengan berbagai lomba dan music perform berbagai genre, mulai dangdut hingga lagu-lagu daerah khas bugis Makassar akan hadir menghibur masyarakat Makassar yang haus akan konser music cukup datang saja ke PRKM,” ungkap Dado sapaannya.

Kata dia, event ini selain untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, PRKM juga untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam kepengurusan KTP daerah maupun Makassar sendiri.

“Dimana masyarakat yang asalnya dari Kabupaten yang jauh dari Makassar, dan mau memperbaharui KTP ataupun membuat KTP tidak perlu jauh-jauh ke daerah. Cukup hadir ke PRKM hanya dengan membayar tiket masuk Rp20 ribu untuk sekali masuk,” katanya.

Selain itu, ada hal yang menarik pada event ini karena ada kontes becak. Becak kita ketahui selama ini mulai tidak diminati masyarakat karena hadirnya kendaraan transportasi berbasis digital.

“Melalui event ini kita berharap para tukang becak masih survive dengan keadaan ini dan masyarakat tidak melupakan kalau dibalik kecanggihan teknologi saat ini, ada nasib para tukang becak yang terancam tergusur. Harapan kita, masyarakat lebih peduli terhadap nasib daeng becak dan masih mau menggunakan jasa daeng becak,” pungkasnyq. (Mit)