RS PKU Muhammadiyah Makassar dan Gedung FKIK Dorong Unismuh Lahirkan Tenaga Kesehatan Berkualitas

RS PKU Muhammadiyah Makassar dan Gedung FKIK Dorong Unismuh Lahirkan Tenaga Kesehatan Berkualitas

MAKASSAR,UPEKS.co.id– Rumah PKU Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan di Soft Launching oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Haedar Nasir, Senin (16/5/2022) di Jl Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa.

Pada tempat yang sama, Prof. Haedar Nasir, juga akan melakukan pemancangan Pembangunan Gedung  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unismuh Makassar.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Rektor Unismuh Makassar Prof. Ambo Asse saat Konferensi Pers, di RS PKU Muhammadiyah Makassar, Sabtu (14/5/2022).

Ia mengatakan, kehadiran RS PKU Muhammadiyah Makassar merupakan dorongan FKIK Unismuh Makassar dalam melahirkan tenaga kesehatan yang berkualitas.

“RS PKU Muhammadiyah Makassar akan mendorong Unismuh melahirkan tenaga kesehatan yang berkualitas, seperti halnya jurusan jurusan kedokteran, disamping Prodi kedokteran Unismuh Makassar telah meraih akreditasi A,” tandas Prof. Ambo Asse.

Menurut Prof. Ambo, RS PKU Muhammadiyah Makassar akan berdekatan langsung dengan Gedung FKIK Unismuh yang dulunya rencana akan dibangun di Jalan Sultan Alauddin.

“Rencana pembangunan gedung FKIK nantinya berlantai 12, dan pembangunan dilakukan secara berdekatan dengan RS PKU Muhammadiyah Makassar, agar nantinya mahasiswa FKIK dapat melayani masyarakat,” ungkap Prof. Ambo Asse.

Sementara Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung menyebut, pembangunan gedung FKIK Unismuh Makassar dilakukan lantaran Unismuh Makassar bertekad menjadikan Kawasan tersebut sebagai Pusat Studi Kesehatan di Indonesia Timur, yang meliputi bidang Kedokteran, Farmasi, dan Keperawatan. Gedung tersebut ditargetkan selesai paling lambat tahun 2024.

“Setelah melakukan pencanangan Gedung Kedokteran, Prof Haedar Nashir akan meninjau fasilitas yang ada di Rumah Sakit. Beliau akan meninjau kesiapan ruangan dan fasilitas rumah sakit, seperti yang ada di ruang UGD, Poli THT dan Jantung, serta mengecek ruang perawatan,” papar Gagaring.

Sementara Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof. Suryani As’ad, menyebutkan kehadiran RS PKU Muhammadiyah Makassar akan sangat mendukung peningkatan kualitas FKIK.

“Termasuk rencana pembangunan Gedung FKIK Unismuh Makassar, tentu hal ini menjadi semangat kami, sehingga alumni dari FKIK betul-betul berkualitas,” ujarnya.

Selain soft launching dan pemancangan gedung FKIK Unismuh Makassar Haedar Nashir juga diagendakan peluncuran buku terbarunya yang berjudul ‘Indonesia: Ideologi dan Martabat Pemimpin Bangsa’. Peluncuran akan digelar pada Ahad, 15 Mei 2022.

Buku itu diterbitkan atas Kerjasama Penerbit Republika dan Suara Muhammadiyah. Buku Haedar Nashir sebelumnya yang juga diterbitkan oleh penerbit yang sama, berjudul “Agama, Demokrasi, dan Politik Kekerasan”.

“Makassar sengaja dipilih sebagai tempat penerbitan buku, karena daerah ini merupakan salah satu basis pemasok pemimpin bangsa yang bermartabat. Sebut saja ada Prof Habibie, dan Bapak Jusuf Kalla,” jelas Andis, sapaan akrab Ketua Panitia, yang juga merupakan Wakil Rektor II Unismuh Makassar.

Menurut Andis, salah satu kehebatan Haedar Nashir adalah kemampuannya memberikan analisis jernih terhadap berbagai persoalan bangsa dengan pendekatan Sosiologi.

“Berbagai refleksi kritis beliau pernah dituangkan di Koran Republika. Kumpulan refleksi tersebut saying kalau terserak begitu saja, makanya diterbitkan oleh Republika bekerjasama dengan Suara Muhammadiyah,” ujar Andis, yang juga dikenal sebagai penulis buku yang produktif.

Wakil Rektor II Unismuh ini menilai buku itu tepat dibaca oleh para pemimpin bangsa, baik pada level nasional dan lokal, sehingga dapat memandu arah kebijakan dan pembangunan yang sesuai dengan ideologi bangsa. (aca)