Belum Cuti, Pj Kades Parambambe Disinyalir Labrak Perbup Nomor 19

  • Whatsapp
Belum Cuti, Pj Kades Parambambe Disinyalir Labrak Perbup Nomor 19
Amiruddin Mile

TAKALAR, UPEKS.co.id — Panitia Pemilihan Kelapa Desa (P2KD) Desa Parambambe, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, disinyalir melabrak Peraturan Bupati (Perbup) Takalar nomor 19 tahun 2021 tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan, masa jabatan, dan pemberhentian kepala desa.

Pasalnya, P2KD Desa Parambambe meloloskan Penjabat (Pj) Kades Parambambe, Amiruddin Mile yang diduga belum mengundurkan diri (cuti) dan masih aktif sebagai Pj Kades Parambambe.

Bacaan Lainnya

Padahal, di dalam Perbup nomor 19 tahun 2021 pada tahapan pencalonan pasal 27 poin m, Cakades menandatangani pernyataan, tidak memiliki kewajiban administrasi dan keuangan terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Selain itu, dalam pasal 28 tentang Cuti dan Izin Pencalonan ayat 1 menyatakan bahwa Kades yang akan mencalonkan diri kembali diberi cuti sejak ditetapkan sebagai calon sampai selesainya pelaksanaan penetapan calon terpilih. Sedangkan pada ayat 2 menyatakan bahwa selama masa cuti sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kades dilarang menggunakan fasilitas pemerintah desa untuk kepentingan sebagai Cakades.

Sementara itu, Pj Kades Parambambe, Amiruddin Mile membenarkan jika hingga saat ini, dirinya masih menjabat sebagai Pj Kades Parambambe. Amiruddin juga mengakui telah mendaftar sebagai Cakades dan telah ditetapkan sebagai Cakades Parambambe dengan nomor urut 3.

“Iya, saya PNS (staf) di Kantor Kecamatan Galesong. Saya menjabat sebagai Pj Kades Parambambe sejak tanggal 10 Februari 2021 sampai sekarang. Sebelum mendaftar, saya sudah diberikan rekomendasi oleh Bupati Takalar untuk ikut Pilkades sebagai Cakades Parambambe,” ungkapnya.

Hanya saja, Amiruddin mengaku, saat mendaftar dan ditetapkan sebagai Cakades, dirinya belum cuti sebagai Pj Kades Parambambe. “Belumpi, belumpi,” akunya saat dikonfirmasi sejumlah awak media melalui WhatsApp, Jumat (22/10/2021).

Terpisah, P2KD Desa Parambambe, Rusdianto enggan berkomentar terkait pihaknya yang meloloskan Pj Kades Parambambe, Amiruddin Mile yang diduga belum mengundurkan diri dan masih aktif sebagai Pj Kades Parambambe.

“Saya tidak bisa komentar kalau wartawan yang bertanya, itu hak saya,” singkatnya sembari mematikan telepon WhatsAppnya .(rif)

 

Pos terkait