Bupati Luwu Timur Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021

  • Whatsapp
Bupati Luwu Timur Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021

LUTIM, UPEKS.co.id — Bupati Luwu Timur (Lutim), H. Budiman, memimpin langsung upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021 di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Jumat (22/10/2021). Bergaya khas santri, Bupati tampil sebagai Inspektur upacara dengan mengenakan sarung.

Hari Santri ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Bacaan Lainnya

Bupati Luwu Timur Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bupati Luwu Timur Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021

Oleh karena itu, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri ini, mari bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wata’ala. Aamiin,” ungkapnya.

Usai melakukan Upacara Hari Santri, Bupati Luwu Timur, H. Budiman juga menyempatkan menyerahkan hadiah untuk santri yang berprestasi, di dampingi Kepala Kemenag, H. Misbahuddin, M. Ag. Mereka adalah Mira Yulian, Muh Fakkir dan Nilam Cahya.  Ketiga santri ini berhasil mendapat prestasi terbaiknya dalam kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021. (hms/ikp/kominfo)

Pos terkait