Pelaku Pencurian di Balaikota Makassar Melakukan Aksinya Demi Modal Nikah

  • Whatsapp
Pelaku Pencurian di Balaikota Makassar Melakukan Aksinya Demi Modal Nikah

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Anggota Jatanras Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Makassar, berhasil mengungkap kasus pembobolan dan pencurian sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Balaikota Makassar.

Dua pelaku pembobolan dan pencurian ditangkap masing-masing FKM (23), RDN (39), merupakan pegawai kontrak di lingkup Sekretariat Pemerintah Kota Makassar. Ada sudah 9 tahun berstatus pegawai kontrak dan ada 2 tahun.

Bacaan Lainnya

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fatur Rakhman mengatakan, pelaku itu melakukan aksi pencurian di kantor Balaikota Makassar mulai di lantai 4, 6 dan 7. Aksinya itu dilakukan sejak Maret hingga September 2021.

“Jadi sudah beberapa bulan melakukan aksi pencurian itu. Modusnya, melakukan pencurian sebagai modal nikah dan pasca nikah terhadap pelaku FKM. Kalau RDN hanya membantu, ” ucap Jamal saat merilis kasus tersebut di Mapolrestabes Makassar, Kamis (16/9/2021).

Menurut mantan Kapolsek Panakkukang ini, sejumlah barang bukti yang diamankan hasil pengembangan. Namun masih ada beberapa barang bukti yang dicari. Karena sudah ada dijual di luar Makassar atau di luar kota.

“Adanya kejadian itu, kami duga ada orang dalam karena tidak ada kerusakan pintu maupun lainnya. Namun, pelaku ini memanfaatkan kelengahan. Kapan mengetahui situasi sudah lengah, pelaku langsung beraksi. Seperti pada jam libur,” ucap Jamal.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 dan 2 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (Jay)