PARIWARA

Keberlangsungan JKN-KIS Butuh Dukungan Badan Usaha

Keberlangsungan JKN-KIS Butuh Dukungan Badan Usaha

Toraja Utara, Upeks.co.id – Dalam rangka memberikan pemahaman terkait Program JKN-KIS serta meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam pelaksanaan program tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Makale melaksanakan sosialisasi bagi Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) se-Kabupaten Toraja Utara, Kamis (09/07).

“Kegiatan sosialisasi kali ini terasa sangat berbeda dari biasanya, sebab dilaksanakan dalam situasi new normalmenghadapi pandemi Covid-19 sehingga walaupun sudah diperbolehkan untuk bertemu secara langsung. Namun peserta wajib untuk tetap mengikuti setiap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh panitia kegiatan,” kata Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makale Fatmawati.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Toraja Utara, dan Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Wilayah II Kabupaten Toraja Utara. Fatmawati menjelaskan bahwa melalui kegiatan tersebut, BU dapat kian terdorong untuk menjalankan kewajibannya dalam Program JKN-KIS sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Setiap penduduk Indonesia wajib ikut serta dalam Program JKN-KIS. Kaitannya dengan BU, sebagaimana yang tertuang dalam regulasi yang berlaku, pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta JKN-KIS dan membayar iuran rutin. Mengacu pada ketentuan tersebut diharapkan agar setiap badan usaha dapat kooperatif dan menjalankan aturan tersebut dengan mendaftarkan sesuai data jumlah pekerja sebenarnya,” ujar Fatmawati.

Ia menambahkan bahwa keberlangsungan Program JKN-KIS tentu memerlukan dukungan badan usaha dan para pemangku kepentingan sesuai dengan kewenangannya. Karenanya, BPJS Kesehatan terus menjalin sinergi dengan lembaga dalam bidang perluasan, pengawasan ketenagakerjaan dan kepatuhan badan usaha. Sinergi tersebut ditunjukkan melalui kerja sama yang telah terjalin selama ini dengan Pemerintah Daerah.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini yang mana bertujuan untuk menyamakan persepsi kita terkait kewajiban dalam pemberian perlindungan kesehatan bagi para pelaku usaha maupun pekerja melalui Program JKN-KIS. Komitmen bersama untuk mendukung dan mengawal Program JKN-KIS telah terbentuk selama ini. Kami siap mendukung BPJS Kesehatan baik melalui administrasi perizinan badan usaha, pertukaran data maupun pendampingan bagi badan usaha yang tidak patuh,” kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Toraja Utara, Muliati S. Tikupadang. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top