MAKASSAR CITY

Januari-September, DLH Gowa Pangkas dan Tebang 508 Pohon, Ini Tujuannya

Januari-September, DLH Gowa Pangkas dan Tebang 508 Pohon, Ini Tujuannya

GOWA, UPEKS.co.id– Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Gowa mencatat sepanjang tahun 2020, sejak Januari hingga September telah memangkas dan menebang sebanyak 508 pohon.

Kepala Seksi Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Gowa, Maya Sri Hadrian mengatakan, pemangkasan dan penebangan pohon ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang dan dahan patah yang dapat membayakan masyarakat, terlebih pengguna jalan.

“Pohon yang tua atau sudah mati itu sewaktu-waktu dapat membahayakan pengguna jalan. Dahannya juga kalau sudah lebat dan rapuh dapat saja jatuh, apalagi disambar mobil container, terlebih lagi pada saat masuk musim hujan sangat membahayakan,”terangnya, Sabtu (3/1/2020) pagi disela-sela pemangkasan pohon.

Januari-September, DLH Gowa Pangkas dan Tebang 508 Pohon, Ini Tujuannya

Ia menjelaskan sejak Januari hingga akhir September 2020 ada 508 pohon yang telah ditangani dan diantaranya 138 pohon ditebang. Pohon yang ditebang adalah yang telah mati atau berusia tua, pohon tumbang dan pohon yang dapat mengganggu pengerjaan kepentingan umum.

Pemangkasan dan penebangan juga dilakukan Dinas lingkungan hidup jika ada laporan atau aduan dari masyarakat yang merasa cemas akan bahaya keberadaan pohon.

“Kami juga biasa menerima laporan dari warga, mereka meminta pohon yang mereka anggap berbahaya agar kita tebang,”tambanya.

Selain rutin memelihara pohon, kegiatan-kegiatan bersih-bersih juga menjadi agenda protap yang dilaksanakan oleh Dinas lingkungan hidup Kabupaten Gowa. Seperti melaksanakan kerja bakti bersama warga, membersihkan saluran air (Drainase). (Sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top