Dengan JKN-KIS, Kemoterapi Rantika Alhasil Tanpa Biaya

  • Whatsapp
Dengan JKN-KIS, Kemoterapi Rantika Alhasil Tanpa Biaya
Narasumber : Rantika
Dengan JKN-KIS, Kemoterapi Rantika Alhasil Tanpa Biaya
Narasumber : Rantika

Majene, Upeks.co.id – Setiap orang tentunya tidak pernah menduga akan terserang suatu penyakit, terlebih lagi jika penyakit tersebut masuk kedalam kategori penyakit kronis. Namun Rantika, seorang ibu yang tinggal di Timbo-timbo Kecamatan Banggae Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat ini harus menerima bahwa dirinya mengidap kanker payudara.

Ditemui tim Jamkesnews di kediamannya, ibu yang sehari-hari bekerja sebawai wiraswasta ini mengaku sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia pun kemudian menceritakan kisahnya tentang penyakit yang ia idap yang cukup membuat ia dan keluarganya waswas.

Bacaan Lainnya

“Awalnya saya hanya merasakan ngilu pada bagian dada. Tadinya saya pikir rasa ngilu tersebut hanya karena kelelahan setelah beraktivitas sehari-hari. Namun seiring berjalannya waktu, ngilu tersebut semakin sering saya rasakan. Akhirnya pada saat itu saya memutuskan untuk memeriksakan diri ke Puskesmas,” terang Rantika, Sabtu (28/07).

Rantika semakin waswas karena hasil pemeriksaannya di Puskesmas mengharuskan ia untuk dirujuk ke rumah sakit demi mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

“Pada saat itu, dari Puskesmas mengatakan bahwa kondisi yang saya alami mengarah kepada penyakit kanker payudara,” jelas Rantika.

Rantika melanjutkan setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit, dirinya ternyata memang benar mengidap penyakit kanker payudara bahkan sudah memasuki stadium dua sehingga harus segera menjalani operasi. Mendengar hal tersebut Rantika pun kaget sebab ia tahu tindakan operasi di rumah sakit tentu membutuhkan biaya yang besar.

“Tentu khawatir, tapi alhamdulillah seluruh biaya operasi saya pada saat itu ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Rantika lega.

Rantika sangat bersyukur karena pada saat itu, operasi yang ia jalani berjalan dengan lancar dan pelayanan yang ia dapatkan sangat baik dan ditangani dengan cepat oleh pihak rumah sakit. Pasca operasi, Rantika kemudian diharuskan melakukan kemoterapi.

“Sebanyak enam kali saya lakukan kemoterapi di Makassar. Saya ingat betul berkat kartu JKN-KIS yang saya punya, tidak ada biaya yang saya keluarkan untuk pengobatan saya ini,” ucap Rantika penuh syukur.

Menutup perbincangan, Rantika mengucapkan rasa terimakasih yang besar kepada BPJS Kesehatan karena berkat kartu JKN-KIS yang ia miliki, ia mendapatkan perawatan yang sangat baik dari awal pemeriksaan sampai tahap pasca operasi tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Ia pun bersyukur karena pada saat ini ia sudah dapat kembali beraktivitas dengan normal.

“Dengan adanya Program JKN-KIS sangat meringankan biaya pengobatan saya, manfaat yang saya dapatkan jauh lebih besar dibandingkan dengan dengan iuran yang dibayarkan setiap bulan,” ujar Rantika. (Jamkesnews)

Pos terkait