Dinsos Selayar Salurkan Bantuan Darurat Dampak Covid Jaring Pengaman Sosial Kepada 100 KK

  • Whatsapp
Dinsos Selayar Salurkan Bantuan Darurat Dampak Covid Jaring Pengaman Sosial Kepada 100 KK

Selayar, Upeks.co.id–Pemerintah Desa Harapan Kabupaten Kepulauan Selayar salurkan Bantuan Darurat Dampak Covid Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada 100 Kepala Keluarga berupa paket sembako yakni, 2 karung beras dan 2 dos Indomie kepada masing masing 1 Kepala Keluarga yang penyalurannya dipusatkan di Kantor Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, rabu (17/6/2020).

Kegiatan Penyaluran bantuan ini dihadiri Camat Bontosikuyu Drs. Muhammad Aris, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili Kasi Penanganan Korban Bencana Sosial, Andi Sandra Esty Abriany, SE, Kepala Desa Harapan Arman, Para Perangkat Desa, Ketua dan anggota BPD, dan Para penerima bantuan jaring pengaman sosial.

Bacaan Lainnya

Camat Bontosikuyu, Drs. Muhammad Aris dalam sambutannya, mengucapkan  terimakasih kepada Bupati Kepulauan Selayar karena bentuk perhatiannya kepada masyarakat Kepulauan Selayar khususnya kepada masyarakat Bontosikuyu sehingga bantuan ini dapat disalurkan kembali kepada masyarakat.

“Ini adalah bentuk perhatian Pemerintah kepada masyarakatnya dengan menyalurkan bantuan berupa beras dan indomie dalam hal ini penyalurannya melalui Dinsos Selayar untuk masyarakat yang terdampak Covid -19,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kasi Penanganan Korban Bencana Sosial, Andi Sandra Esty Abriany, SE, dalam wawancaranya kepada media ini, mengatakan bahwa bantuan ini adalah jenis bantuan darurat kegiatan jaring pengaman sosial, berupa beras 2 karung sebanyak 20 kilo dan 2 dos Indomie untuk masing masing satu kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhannya selama 2 bulan.

“Bantuan ini dari Dinas Sosial berupa  APBD yang merupakan kebijakan pemerintah, namanya bantuan darurat dampak Covid kegiatan jaring pengaman sosial,” ucapnya.

lanjut ia mengatakan, penerima bantuan ini disalurkan kepada semua Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten

Kepulauan Selayar yakni ada 81 Desa dan 7 Kelurahan penerima, dan pembagiannya itu dibagikan secara merata, tambahnya.

Ditanya terkait keterlambatannya dalam penyaluran bantuan ini, ia menjawab sebenarnya bantuan ini rencananya kita akan salurkan secaptnya tapi karena terkendala pada proses produksi, dimana pada proses produksi tersebut baik dari Provinsi dan Kabupaten menggunakan jenis produk yang sama dan perusahaan yang sama pula yaitu perusahaan indofood sehingga kita terpaksa harus antri.

” Kalau kita mengambil produk lain jelas kita kekurangan anggaran, jadi kami berpikir lebih baik lambat dan antri  diperusahaan Indofood untuk mendapatkan Indomie ini, lalu kita salurkan kemasyarakat berupa beras dan Indomie secara bersamaan,” tandasnya.

Mengakhiri keterangannya, ia berharap kepada para Kepala Desa agar bisa aktif, karena sebenarnya bantuan ini sangat banyak dan pembagiannya dimasyarakat harus benar benar adil dan merata.

“kita selaku Pemerintah dan pelaksana kegiatan tidak bisa menjangkau semua untuk mendata. Dan kalaupun kami melakukan lagi validasi data, itu akan menyita waktu yang sangat banyak, jadi terkait data masyarakat itu, Kepala Desa yang mengetahui,” ujar Esty Kasi Penanganan Korban Bencana Sosial

Sementara itu, Kepala Desa Harapan, Arman mewakil seluruh warga Desa Harapan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam hal ini Dinsos Kabupaten karena adanya bantuan paket sembako berupa beras dan Indomie yang disalurkan kepada masyarakat.

“Bantuan ini sangat membantu sekali masyarakat apalagi di tengah pandemi saat ini yang membuat kita semua was-was. Insha Allah Pandemi ini cepat berlalu dan warga bisa beraktifitas normal kembali, amin,” harapnya.

Arman juga mengungkapkan selain bantuan yang didapatkan dari Dinsos Kabupaten, dirinya juga akan terus berupaya untuk bagaimana mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinsos Provinsi yang juga bentuk bantuannya berupa sembako.

“Terkait data penerima di Desa Harapan, kembali kami akan lakukan verifikasi untuk warga lainnya tentang penerima bantuan Pangan nantinya,” tukasnya.

Dari pantauan media ini, bantuan sembako ini sebelum disalurkan kemasyarakat, ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Camat Bontosikuyu kepada Kepala Desa Harapan. (Sya)

Pos terkait