Tiga Fraksi tak Dapat Jatah Pimpinan AKD di DPRD Pinrang

  • Whatsapp

Tiga Fraksi tak Dapat Jatah Pimpinan AKD di DPRD Pinrang

PINRANG,UPEKS.co.id–Setelah melalui beberapa tahapan, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kabupaten  Pinrang resmi ditetapkan, Kamis (17/10/2019). Namun ternyata, di hasil penetapan ini, 3 fraksi yang anggotanya  tidak mendapatkan jabatan sama sekali.

Bacaan Lainnya

Ketiga fraksi itu, fraksi Berkarya, PPP dan Gerakan Amanat Persatuan (GAP) yang merupakan fraksi gabungan  dari partai Gerindra, PAN dan Perindo.

Dimana dari 15 anggota DPRD yang tergabung dalam 3 fraksi ini, tidak satupun yang menduduki jabatan  pimpinan (Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris) baik di empat komisi, maupun di Badan Pembentukan Peraturan  Daerah (Bamperperda) dan Badan Kehormatan (BK).

Padahal, Partai Berkarya merupakan partai pemenang suara ketiga pada Pileg 2019 di Kabupaten Pinrang.  Dimana ketua DPC Partai Berkarya Kabupaten Pinrang, Ahmad Jaya Baramuli saat ini menduduki jabatan Wakil  Kwtua DPRD Pinrang.

Hal cukup mencengangkan lagi, di Pansus Pembentukan/Penetapan AKD dan Tata Tertib (Tatib), Ahmad Jaya  Baramuli duduk sebagai Ketua Pansus dengan Sekretraris Pansus, Ilwan Sugianto dari Partai Gerindra yang  fraksinya sama-sama tidak kebagian jatah pimpinan AKD.

Berhembus isu, penetapan AKD ini diwarnai konstalasi politik pada Pilkada 2018 lalu, dimana partai Pengusung  pemenang Pilkada seperti Demokrat, PKB dan PDIP mendominasi.

Ketua DPC Partai Berkarya Kabupaten Pinrang, Ahmad Jaya Baramuli yang coba dikonfirmasi Jum’at (18/10/ 2019 ), belum bisa memberikan keterangannya berhubung lagi mengikuti rapat penting di Kantor DPRD Pinrang.

Berikut Nama-nama pimpinan alat kelengkapan dewan yang telah ditetapkan :

KOMISI I : Ketua Muhammad Syahrul Sarman (Demokrat) Wakil Ketua Samsuddin Duddin (PDIP), Sekretaris Andi  Riksan (Golkar)

KOMISI II : Ketua Hastan Mattanete (Golkar), Wakil Ketua Andi Mulyadi Mustafa (Nasdem), Sekretaris HA Nasrun  Paturusi (Demokrat)

KOMISI III : Ketua H Alimuddin Budung (PKB), Wakil Ketua H Sahariyah Lolo (PDIP), Sekretaris H Usman  Bengawan (Golkar)

KOMISI IV : Ketua H Achmad Side (Nasdem), Wakil Ketua Sariansa Bin Mappetani (PKB), Sekretaris Markus  Manna (Demokrat)

BADAN KEHORMATAN : Ketua H Mashur Ali (PDIP), Wakil Ketua Abdul Halim (PKB). Selanjutnya,  BAPEMPERDA : Ketua, HA Muhammad Ramdhani (Demokrat), Wakil Ketua Kamaruddin (Nasdem). (calu).

Pos terkait