SULAWESI SELATAN

60 Peserta Ikuti TOT Jasa Konstruksi

LUTRA, Upeks.co.id- Guna untuk meningkatkan kapasitas tenaga aparatur negara bidang jasa konstruksi, Bidang Bina Jasa Konstruksi Saluran Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lywu Utara gelar Training Of Trainer (TOT) instrukstur jasa konstruksi, ditutup hari ini, Rabu(1/5/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dari 29 April – 1 Mei 2019 di Hotel Bukit Indah Masamba tersebut di hadiri 60 orang dan untuk materi kelas dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dilokasi kerja pembangunan jaringan irigasi di Baliase.

Selain TOT Bidang Jasa Konstruksi, juga melakukan pelatihan tenaga ahli konstruksi bangunan gedung serta pelatihan menagemen kontruksi.

Kepala Bidang Jasa Kontruksi yang juga selaku Ketua panitia, Ovan Patuang Putra menyampaikan, kegiatan pelatihan ini guna untuk meningkatkan kapasitas bidang jasa kontruksi Kabupaten Luwu Utara untuk menghasilkan tenaga kerja kontruksi yang mempunyai kompetensi dan kualifikasi sesuai standar kompetensi kerja Nasional Indonesia(SKKNI) yang telah ditetapkan, setelah pelatihan ini akan diberikan sertifikat dari Lembaga kepada semua peserta TOT.

Hosting Unlimited Indonesia

Lanjutnya, untuk mendapatkan sertifikat jasa konstruksi, tentu harus mempunyai beberapa kriteria yang harus di ikuti seperti, mampu menyusun program pelatihan, serta mampu mendesain media untuk bahan pembelajaran.

“Kegiatan ini ada tiga jenis yaitu Traning Of Trainer jasa konstruksi bangunan serta pelatihan managemen yang nanti akan di berikan sertifikat pelatihan jasa konstruksi,” ujarnya.

Lanjutnya, “Selain itu untuk mendapat sertifikat harus memiliki kompetensi yang harus mampu menyusun program pelatihan, mendesain media pembelajaran yang di atur dalam UU, Nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi,” terang Ovan Patuang.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H. Syamsul Syair selaku Ketua Tim Pembina Jasa Konstruksi Daerah mengatakan, peningkatan tenaga kerja kontruksi yang ber Sertifikat merupakan salah satu tantangan pembinaan jada konstruksi kedepan.

” Pemerintah Daerah berharap TOT(pelatihan) dan Sertifikasi ini dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM bidang konstruksi yang pada akhirnya dapat mendongkrak produktifitas dan kinerja pembangunan infrastruktur di Luwu Utara,” harap Syamsul Syair.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Hasan Basri, Kadis PUPR Luwu Utara Suaib Mansyur, instruktur dan narasumber pelatihan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Makassar, Unanda Palopo, Politeknik Negeri Makassar dan para pimpinan SKPD lingkup Pemda Lutra.(yustus)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top