ANEKA

Harmonisasi Bunda PAUD Perlu Kesamaan Persepsi

GOWA, UPEKS.co.id —Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf hadiri Sosialisasi
dan Harmonisasi Bunda PAUD 2019 di The Sultan Hotel dan Resort Jakarta, Senin (1/4/2019).

Kegiatan bertema “Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD Tahun 2019 adalah Memantapkan Peran Bunda PAUD dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Sejak Usia Dini”.

“Sosialisasi ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD terkait kerangka kebijakan global  dan nasional di bidang PAUD serta meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing khususnya di Kabupaten Gowa nantinya,” jelas  Mussadiyah Rauf.

Mussadiyah hadir mewakili Bunda PAUD Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan ini didampingi Kasi Pendataan  PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Harianti.

Wakil Ketua TP PKK Gowa ini juga berharap agar sosialisasi ini dapat menciptakan sinergitas peran Bunda PAUD  Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota dalam pembinaan layanan PAUD dan mewujudkan kesamaan  persepsi dalam pemantapan peran Bunda PAUD.

“Kami harap Bunda PAUD di seluruh Indonesia khususnya di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota memiliki  kesamaan persepsi sehingga dapat saling bersinergi dengan pemerintah pusat dalam pembinaan dan  peningkatan layanan PAUD,” harapnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud RI, Harris Iskandar saat  membuka sosialisasi ini menjelaskan, peran strategis Bunda PAUD. Diantaranya, mendorong partisipasi dan peran  serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas  (sosialisasi, pertemuan tentang penyelenggaraan PAUD).

“Bunda PAUD harus dapat memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina, serta pendidik dan tenaga  kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas. Menggali berbagai sumber daya dana untuk  mendukung penyelenggaraan program PAUD berkualitas di wilayahnya,” ujarnya.

Itu dilakukan elalui sumber dana, memberikan saran, masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan  atau daerah untuk mendukung pembinaan dan pembiayaan pelaksanaan layanan PAUD berkualitas.

Mendorong peningkatan jumlah dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD (kualifikasi, kompetensi,  kesejahteraan, dan perlindungan), jelas Harris.

Kegiatan yang berlangsung 1 – 2 April 2019 jdirangkaikan sarasehan. Pembicara Mendikbud, Muhadjir Efendi,  Ketua Bidang 1 OASE, Dr Ratna Megawangi, Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri Dirjen Jenderal  PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Harris Iskandar, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDT Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud.

Hadir Ibu Wakil Presiden RI, Hj Mufidah Jusuf Kalla, Mendikbud RI, Muhajir Effendi, Ketua TP PKK Provinsi Sulsel  selaku Bunda PAUD Prov. Sulsel, Hj Liestiaty F. Nurdin.

Berlangsung pula, peluncuran Program Pendidikan Kebencanaan oleh Ibu Wakil Presiden RI dan berdialog dengan 1.262 Bunda PAUD Nasional dan Bunda PAUD Daerah. (sofyan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top