Sukses Gelaran Roadshow 1.000 Sertifikasi Halal UMKM Sulawesi Selatan

Sukses Gelaran Roadshow 1.000 Sertifikasi Halal UMKM Sulawesi Selatan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses menghelat acara Roadshow “Kita Halalin 2024” yang memfasilitasi 1.000 sertifikasi halal gratis bagi usaha mikro dan kecil (UKM) di Hotel Rinra Makassar, Kamis (20/6/2024).

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI, Pemprov Sulsel, Diskop UKM, PLUT Sulsel, MikroEx, serta dukungan dari beberapa sponsor.

Bacaan Lainnya
 

Acara diisi sambutan secara virtual, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Yulius, MA.

Sambutan Pj Gubernur Sulawesi Selatan, diwakili kepala Diskop UKM Sulsel, Dr H Ashari Fakhsirie Radjamilo, MSi. Acara launching ditandai penekanan tombol bersama oleh Ketua Dekranasda Sulsel, perwakilan BPJPH Sulsel, Kadiskop UKM Sulsel, Perwakilan Kemenkop UKM dan Kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Bapak Yulius, MA, dalam sambutannya menekankan pentingnya sertifikasi halal sebagai pembuka peluang usaha untuk memasuki pasar global.

Mewakili Gubernur, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Ashari F Radjamilo mengapresiasi acara sebagai wujud komitmen yang kuat dan kecintaan kita bersama pada pembangunan ekonomi nasional berbasis keumatan, khususnya sektor UMKM.

“Acara Roadshow 1000 Sertifikasi Halal Sulsel memiliki arti yang sangat penting dalam upaya mempercepat sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan,” terangnya

Pj Dekranasda Sulsel, Ny. Ninuk Triyanti Zudan mendorong mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga produk-produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk luar negeri.

“Dekranasda dan PKK hadir untuk mendukung pelaku usaha mikro dan kecil lebih berkembang, terutama pengembangan ekonomi rumah tangga,” katanya.

Dalam sesi talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara, Ny. Ninuk Triyanti Zudan, Pj Ketua Dekranasda Sulsel; Mohammad Khomeiny (Ome), Public Policy & Regional Government Relations Head of East Indonesia at Gojek; H Muhammad Nur, Sekretaris Satgas Halal Provinsi Sulawesi Selatan; Kadiskop UKM Sulsel, Dr H Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si; Zaenal Abidin, Islamic Ecosystem Business Manager BSI Sulawesi Selatan; dan Mariesa Giswandhani, dosen dan influencer.

Talkshow dimoderatori oleh Bahrul Ulum Ilham. Kesimpulan diskusi menekankan bahwa semua pemangku kepentingan akan bekerja sama untuk membangun ekosistem halal dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Ir. Iffah Rafida Djafar, ST, MT, mengatakan, kegiatan ini apresiasi sekaligus mensosialisasikan fasilitasi sertifikasi halal oleh konsultan PLUT dan para pendamping PPH serta melalui sinergi dan kolaborasi multi pihak.

Ketua panitia, Bachtiar Baso menambahkan, acara dapat berjalan lancar dan sukses berkat adanya dukungan dari Kemenkop UKM, Pemprov, Kepala Diskop UKM, Kepala UPT PLUT, dan beberapa sponsor. (**)