Dosen UNM Jadi Wisudawan Terbaik Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Jenjang S3 di UPI

Dosen UNM Jadi Wisudawan Terbaik Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Jenjang S3 di UPI

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Salah satu dosen dari Program Studi (Prodi) Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr Hasni MPd telah mengukir prestasi terbaik berhasil menyelesaikan studinya di Bumi Siliwangi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan menjadi wisudawan terbaik mewakili jenjang Doktor (S3) pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di UPI Bandung, Indonesia, Kamis (20/6/2024).

Dr Hasni MPd mampu menyelesaikan Pendidikan Jenjang S3 dengan masa studi yang ditempuh tiga tahun tiga bulan. Disertasi Dr Hasni MPd berjudul “Transformasi Epos I La Galigo Melalui Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Aplikasi E-book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Judul disertasi dilatarbelakangi oleh posisi Dr Hasni MPd sebagai dosen yang bertanggung jawab pada Pendidikan IPS, khususnya meningkatkan kompetensi guru dan siswa.

Bacaan Lainnya
 

Kenyataan di lapangan, Dr Hasni MPd merasa bahwa kecintaan siswa pada kearifan lokal menurun. Ia menganggap bagian dari dampak globalisasi dengan munculnya gaya hidup konsumtif.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ia terdorong untuk menggali kembali warisan kebudayaan bangsa Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan berfokus pada salah satu kearifan lokal sebagai warisan leluhur masyarakat adalah La Galigo.

Atas dasar tersebut sehingga Dr Hasni MPd terinspirasi melakukan penelitian untuk menghidupkan, melestarikan dan mensosialisasikan nilai-nilai luhur dalam Epos I La Galigo sebagai sumber pembelajaran IPS.

Kajian dengan Epos I La Galigo sebagai warisan leluhur Bugis-Makassar, Indonesia telah mengantarkan D Hasni MPd menjadi wisudawan terbaik untuk jenjang Doktor (S3) di FIPS UPI Tahun 2024.

Disertasi Dr Hasni MPd sebelumnya telah dipertanggungjawabkan secara akademik dengan ujian promosi doktor pada tanggal 26 April 2024.

Keberhasilan ini disadari oleh Dr Hasni MPd tidak terlepas dari bimbingan, arahan dan motivasi luar biasa para tim Promotor: Prof Dr Nana Supriatna, M.Ed (Promotor), Prof Dr Sapriya M.Ed (Ko Promotor), dan Murdiyah Winarti, M.Hum (Anggota). Penguji disertasi adalah Prof. Dr. Agus Mulyana., M.Hum (Penguji Internal) dan Prof Dr Jumadi., SPd MSi (Penguji Eksternal). (mimi)