Ponpes Al Imam Ashim Kembali Cetak 250 Hafidz Qur’an

Ponpes Al Imam Ashim Kembali Cetak 250 Hafidz Qur'an

 

MAKASSAR, Upeks.co.id — Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Imam Ashim Makassar kembali akan mewisuda sebanyak 250 Hafidz Al Quran. Rencananya wisuda ini akan dihelat di kampus 2 Antang, Ahad (23/6).

Bacaan Lainnya
 

250 hafidz tersebut terdiri atas 32 orang yang hafal 30 juz, dan sisanya ada yang hafal 20, 15, 10 dan 5 juz.

Selain mewisuda 250 santri yang hafal Al-Quran Al Imam Ashim juga akan menyerahkan sanad Al-Qur’an yang tersambung bacaannya dari Rasulullah Saw kepada 5 orang pembina Ponpes Al Imam Ashim yang banyak mengabdi di Ponpes tersebut. Menurut Pimpinan Ponpes Al Imam Ashim, KH Syam Amir Yunus pemberian sanad itu merupakan yang pertama kalinya sejak berdirinya Al Imam Ashim. “Kita bersyukur karena sejak Al Imam Ashim berdiri baru kali ini kami menyelenggarakan pemberian sanad kepada hafidz mutqin. Kedepan tentu harapan kami banyak juga santri yang bisa mengikuti jejak pendahulunya untuk mendapatkan sanad,” urai ketua PW JQH NU Sulsel ini.

Selain pemberian sanad ada lagi moment spesial wusuda ke 9 kata KH Syam Amir yakni pada wusuda kali ini juga akan mewisuda santri yang telah khatam 30 juz sekaligus dengan Qiraat Imam Ashim riwayat Hafsh dan juga Riwayat Syu’bah.

“Setiap tahunnya Imam Ashim selalu mengadakan inovasi program pembelajaran Al-Quran. Mulai tahsin yang disudahi dgn syukuran, program Tahfizh yang juga di lanjutkan dengan program karantina bagi mereka yg mutqin 15 jus sebagai calon wisudawan 30 juz. Serta program lanjutan .Yaitu belajar qiraat alquran baik tingkat dasar maupun tingkat lanjutan. Ada Ifradul Qiraat, menghafalkan matan syatibiyyah dan durrah,” jelas KH Syam Amir.

Dikatakan KH Syam Amir dalam wisuda ini akan hadir Sekretaris Pentashih Al-Qur’an Kementrian Agama RI, Dr KH Ahsin Sakho Muhammad. Selain juga akan hadir ketua Dewan Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang Jawa Timur, Dr KH Mustain Syafii, MA dan tamu undangan lainnya.

Selain itu, pihak panitia juga telah mengundang Pj Gubernur Sulsel dan Kakanwil Kemenag. “Semoga Pj Gubernur bisa meluangkan waktunya untuk hadir,” harap panitia wisuda, Candra Saputra.

Pada hari sebelumnya telah dilaksanakan
simaan Akbar, haflah tilawatil Quran bersama JQH NU Sulsel yang menampilkan qari qariah terbaik Sulsel sebagai rangkaian acara wisuda. (*)