Penguatan Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Kolaborasi Efektif Pengawas dan Madrasah di MAN IC Gowa

Kolaborasi Efektif Pengawas dan Madrasah di MAN IC Gowa

Parangloe, Upeks-–Kegiatan pengembangan instrumen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) telah dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gowa, Senin (27/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh pengawas dari Kemenag Gowa, pengawas dari Dinas Pendidikan, dan empat anggota tim lainnya yang menciptakan kolaborasi efektif antara berbagai pihak.

Bacaan Lainnya
 

Diawali dengan pemaparan materi oleh Pengawas Bina MA, Syamsuddin Rasyid. Ia memberikan materi berupa landasan teoritis, dan juga implementasi P5 PPRA di Madrasah. Sementara dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Syarif, juga memberikan materi dengan pemaparan mendalam, menggali aspek-aspek esensial yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan proyek.

Setelah pemaparan materi, fokus kegiatan beralih pada pendampingan terhadap 5 kelompok proyek yang akan dilaksanakan dalam tahun ajaran berjalan oleh MAN IC Gowa. Pengawas dari Kemenag Gowa dan Dinas Pendidikan memberikan arahan praktis dan solusi untuk mengatasi potensi kendala yang mungkin dihadapi oleh tim proyek, mulai dari kelengkapan dan keteraturan penyusunan modul hingga pada penyusunan rubrik dan indikator asesmen.

Kolaborasi antara pengawas, pendidik, dan madrasah menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis dan progresif dengan semangat yang tinggi, diharapkan hasil dari Proyek P5 PPRA ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi pelajar tetapi juga menjadi panutan bagi Madrasah lain dalam mengembangkan profil pelajar yang berintegritas dan berakhlak mulia.Kolaborasi Efektif Pengawas dan Madrasah di MAN IC Gowa

“Inilah ikhtiar kita untuk belajar sampai akhir hayat, melalui proyek ini, kita tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tetapi juga membangun jiwa kepemimpinan dan kerja sama dalam tim,” kata Andi Tasrif Kila, salah satu pendamping.

Syamsuddin Rasyid yang juga merupakan Sekjen Pokjawasnas Kemenag RI memberikan pesan motivasional, semoga kegiatan ini menjadi cermin dari semangat Guru pembelajar, bahagia mengajar.

“Setiap langkah kecil dalam proses pembelajaran ini adalah investasi bagi masa depan pendidikan di MAN IC Gowa,” tutupnya. (rls)