Inilah Sosok Ketua IKA Unhas Daerah Baru Terpilih

Inilah Sosok Ketua IKA Unhas Daerah Baru Terpilih

 

BARRU, Upeks.co.id — Dia seorang dokter gigi. Tapi politikus. Baru saja dipilih menjadi Ketua IKA Unhas Daerah Barru. Aklamasi.

Bacaan Lainnya
 

Namanya: drg. Hj Hasnah Syam MARS. Lahir dan besar di Barru. 22 Juli 1959. Dia tercatat juga sebagai alumni SMA Negeri 1 Makassar tahun 1977.  Kemudian melanjutkan kuliah di Unhas, kedokteran gigi. Selesai tahun 1989. Pada tahun 2006 Hasnah menyelesaikan S2 di jurusan yang sama. Juga di Unhas.

Saat ini, Hj. Hasnah Syam, MARS adalah angota DPR RI, kader Partai NasDem di Komisi IX.

Drg. Hj Hasnah Syam MARS terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Daerah Barru pada Musda I di di Ruang Singkeru Adae, Kantor Bupati Barru, Jumat (10/11/2023) sore.

Istri dari Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, ini, terpilih secara aklamasi oleh peserta Musda.

Musda pertama ini mengambil tema: Bersatu berjaya dan teguh terhadap Citra Almamater Unhas Untuk Barru yang sejahtera.

Pada Musda I IKA Unhas Barru  drg Hasnah Syam Mars, terpilih melalui sistem formatur dan menjadi Ketua IKA Unhas Daerah Kabupaten Barru Periode 2023 – 2027.

Proses pemilihan dimulai pukul 15.30 Wita selesai pukul 17: 00 WITA berlangsung lancar dan dalam suasana kekeluargaan.

Tahapan pemilihan didahului pengusulan bakal calon oleh peserta musda. Pada tahapan ini, nama yang diusulkan hanya satu orang, yaitu drg Hasnah Syam.

Tahap selanjutnya sudah mengerucut pada satu bakal calon, yakni drg Hasnah Syam Mars. Dokter gigi itu akhirnya calon tunggal Ketua Ikatan Alumni Unhas Barru.

Dalam sistem formatur tersebut akhirnya drg Hasnah Syam Mars terpilih sebagai Ketua IKA Unhas Daerah Kabupaten Barru Periode 2023 – 2027.

Bupati Suardi Saleh Buka Musda

Sebelum dilakukan pemilihan, Bupati Barru Suardi Saleh membuka Musyawarah Daerah (Musda) pertama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Barru di Baruga Singkerru AdaE.

Saat menyampaikan sambutan, Suardi Saleh mengapresiasi inisiasi pembentukan IKA Unhas di Kabupaten Barru, apalagi dalam moment hari Pahlawan 10 November.

Pemilihan hari ini, kata bupati kita jadikan inspirasi dan menjadi spirit karena bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan.

” Kami tentu mengapresiasi pembentukan IKA Unhas di Kabupaten Barru, meski Kabupaten Barru yang paling terakhir di Sulsel dan tentu menjadi spirit dalam menjalankan tugas,” ujar Suardi yang juga Alumni Fakultas Teknik Unhas ini.

Suardi juga mengatakan, alumni Unhas itu punya potensi dan kualitas serta pengalaman.

“Harapan kami terbentuknya IKA Unhas ini bisa menjadi pemersatu,” kata Suardi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musda  IKA Unhas Barru, Ir Samid menyampaikan, kegiatan dilaksanakan berangkat dari rasa kebersamaan.

“IKA Unhas pertama ini bertujuan untuk menggali kekeluargaan dan kebersamaan antar alumni, menggali potensi untuk peningkatan kualitas diri, serta menaikkan professionalisme anggota,” kata Ir Samid.

Wakil Ketua V Pengurus IKA Unhas Sulsel, Dr Rahmansyah yang mewakili Ketua IKA Sulsel Ramdhan Pomanto mengaku mengapresiasi panitia dan inisiator pembentukan IKA Unhas di Barru.

Rahmansyah juga berharap kepada ketua yang terpilih bisa menjadi pemersatu, menjadi solusi untuk semua.

“Kepada ketua terpilih nantinya semoga bisa menjadi pemersatu,”harapnya.

Hadir dalam Musda tersebut, sejumlah pengurus IKA Unhas Wikayah Sulsel, alumni Unhas, kepala OPD.

Hasnah Syam, MARS. (lahir 22 Juli 1959) adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR-RI sejak 2019.

Ia mewakili daerah pemilihan Sulawesi Selatan II. Hasnah merupakan kader Partai NasDem dan duduk di Komisi IX.

Selama ini juga menjadi Ketua IKA Unhas Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas. (**)