KH. Amir Musthafah Terpilih Kembali Sebagai Ketua MUI Enrekang

KH. Amir Musthafah Terpilih Kembali Sebagai Ketua MUI Enrekang

ENREKANG,UPEKS.co.id— Musyawarah Daerah (Musda)  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Enrekang 2023 mengusung tema “Sinergitas MUI dan Pemda  dalam Mewujudkan Enrekang, Maju, Aman, Sejahtera, Religius dan Berkelanjutan”. 

Acara Musda berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Enrekang, (11/11/2023). Dihadiri oleh pengurus MUI periode 2018-2023, tokoh masyarakat, perwakilan o6rmas, Tenaga Ahli Keagamaan, serta undangan khusus.

Bacaan Lainnya
 

Ketua Panitia Musda, Dr Ilham Kadir, menyampaikan bahwa pada awalnya, agenda Musda akan digelar pada akhir November, hanya saja pada hari ini, ada juga roadshow MUI Wilayah dari Komisi Perempuan, Remaja, dan Ketahanan Keluarga. Untuk efisiensi maka kegiatan roadshow tersebut disanding dengan Musda MUI.

“Karena  panitia bekerja terlalu singkat. Hanya dua hari. Dan atas nama panitia kami memohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara ini berlangsung,” papar Dosen Unimen ini.

“Kami sadar, bahwa mengurus ulama dan zu’ama tidaklah mudah, sebab mereka memiliki segudang kesibukan mengurus umat. Selain itu, masih banyak pengurus MUI yang belum terlihat aktif sebagaimana seharusnya”. Tambahnya.

Acara Musda MUI ini dihadiri oleh Wakil Ketua MUI Sulsel, Prof. Dr. M. Galib, MA., Dalam sambutannya menyampaikan bahwa inilah Musda yang sangat mendadak peralihan mandatnya.

“Kemarin itu, sehabis shalat Jumat baru dapat informasi dari Sekretariat bahwa saya ditugaskan untuk mewakili Ketua Umum ke Enrekang. Saya yakin dan percaya bahwa pengurus MUI adalah perwakilan ulama dan tokoh masyarakat yang terus memberikan ketenangan dalam masyarakat. Kita di MUI merupakan pelayan umat dan partner Pemerintah, Khadimul Ummah Wa Shadiqul Umara”.jelas Guru Besar UIN Alauddin ini.

“MUI harus terus melayani umat, menjaga keharmonisan, terus melakukan edukasi agar masyarakat hidup dalam harmoni”, terang Mantan Direktur Pasca Sarjana UIN Alauddin ini.

Sementara itu, PJ Bupati Enrekang yang diwakili Asisten I, Sutrisno mengungkapkan jika dirinya yakin  pemilihan Ketua MUI Enrekang Priode 2023-2028 berjalan lancar sebab calon ketua tidak butuh tim sukses. Berjalan apa adanya. 

“Kami atas nama Pemerintah daerah terus mendukung MUI dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai mitra Pemerintah dalam membangun umat,” Kata Mantan Kadis Kesehatan ini.

Musyawarah berlangsung singkat dipandu langsung oleh Ketua Panitia, Dr. Ilham Kadir, setelah Ketua MUI priode 2018-2023, KH. Amir Musthafah membacakan laporan pertanggungjawabannya. Maka semua peserta setuju, lalu secara aklamasi memilih kembali KH. Amir Musthafah sebagai Ketua untuk Priode 2023-2028.

“Dengan ini, peserta Musdah MUI 2023 secara aklamasi memilih KH. Amir Musthafah sebagai Ketua MUI satu priode mendatang, 2023-2028,” tutup Dr. Ilham Kadir. (Sry)