Pameran Expo Merdeka Bukti Kemajuan Ekonomi Lokal dan Peningkatan Daya Saing UMKM

Pameran Expo Merdeka Bukti Kemajuan Ekonomi Lokal dan Peningkatan Daya Saing UMKM

SIDRAP,UPEKS.co.id— Pameran Pembangunan daerah dan UMKM bertajuk “Expo Merdeka” menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke-78 RI mulai digelar di Kabupaten Sidrap, Sabtu 12 Agustus 2023 malam.

Kegiatan berlangsung di pelataran Monumen Ganggawa Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, dibuka Bupati Sidrap diwakili Sekretaris Daerah, H. Basra. 

Bacaan Lainnya

Expo Merdeka akan berlangsung selama 15 hari dari 12 hingga 26 Agustus 2023, menghadirkan sekitar 80 stan. Ada stan Pemda,Llayanan loket pembayaran PBB-P2, BUMN dan pelaku UMKM. Selain itu panitia juga menghadirkan berbagai wahana hiburan.

Ketua panitia, Nasruddin Waris dalam laporannya menyampaikan, tujuan pameran untuk mengekspos sejauh mana kinerja penyelenggaraan pembangunan selama ini serta untuk mengangkat potensi UMKM.

Untuk lebih meriahnya Expo Merdeka, kata Nasruddin, selain menghadirkan beberapa hiburan wahana, juga ada panggung hiburan mementaskan lomba nyanyi solo dan vocal group lagu-lagu perjuangan.

“Melalui expo UMKM ini diharapkan semakin mendorong UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya. Expo juga mencerminkan semangat kerja sama yang harus kita pupuk antara Pemerintah, Sektor Swasta, dan masyarakat,” jelas Nasruddin Waris.

Sementara itu Sekda Sidrap H. Basra mewakili Bupati Sidrap menyambut baik dilaksanakannya pameran, karena selain memeriahkan HUT RI ke-78 , juga mampu menjadi hiburan bagi masyarakat.

Lanjut Sekda Basra bahwa  pameran pembangunan dan UMKM merupakan refleksi dari semangat kerja sama, inovasi dan dedikasi dan komitmen untuk mendorong perkembangan ekonomi daerah dengan UMKM sebagai salah satu pilar utama.

“Pameran ini adalah bukti konkret upaya untuk memajukan ekonomi lokal, mengembangkan potensi dan meningkatkan daya saing UMKM,” ungkap Basra.

Di katakan Basra bahwa expo semacam itu akan tetap diadakan karena bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan serta mendapatkan peluang bisnis yang lebih luas.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan semacam ini sebagai bentuk tanggung jawab kami terhadap perkembangan ekonomi lokal,” tutupnya sekaligus membuka kegiatan, terang Basra.

Hadir dalam pameran tersebut, Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Arm. Arie Widarto, Kabag Ops Polres Sidrap, Kompol Nasri, Kasi Pidum Kejaksaan Sidrap Adhy Haryadi Annas, Ketua Pengadilan Agama Sidrap Hj. Hidayani, dan Ketua Kadin Sidrap Andi Muhammad Yusuf Ruby.

Tampak pula, para pejabat Pemkab Sidrap, pimmpinan BUMN, BUMD dan instansi vertikal, para camat, pengusaha dan pelaku UMKM Sidrap. (Risal Bakri)