MAKASSAR, UPEKS.co.id — Visa, pemimpin pembayaran digital dunia bersama Traveloka, platform travel terdepan se-Asia Tenggara, mengadakan talk show interaktif bertajuk Tren Traveling Lintas Negara untuk Healing Anti-Ribet a Contactless Journey.
Hal ini ditujukan untuk memberikan insights kepada masyarakat bahwa traveling yang anti-ribet – termasuk pembayaran contactless sebagai standar baru tren pembayaran lintas-negara di dalamnya sudah semakin menjadi pilihan masyarakat global termasuk di Indonesia yang mengedepankan low-touch journey.
Selain membahas dari segi studi dan data, Talk Show juga mengundang Chiki Fawzi sebagai travel influencer yang telah membagikan wawasannya bersama Traveloka mengenai gambaran tren liburan dan traveling masyarakat Indonesia saat ini dan ke depannya, serta bagaimana masyarakat bisa mendapatkan perjalanan dan hiburan yang lebih berkesan dengan tren baru di tahun mendatang.
Berdasarkan studi Global Travel Intentions Visa yang dilakukan pada bulan Maret – Juli 2022, terjadi peningkatan sebanyak 420% masyarakat yang ingin menjadi smart traveler , di mana mereka ingin merencanakan perjalanan untuk pengalaman liburan yang lebih baik lagi dan tentunya anti repot.
Beberapa temuan lain dari studi ini juga menunjukan bahwa masyarakat semakin mencari fleksibilitas perjalanan yang memungkinkan mereka untuk mencari refundable ticket (48%) dan lebih memilih mencari metode pembayaran dengan kartu kredit, termasuk contactless (81%).
Head of Strategy and Business Planning Visa Indonesia, Handikin Setiawan mengatakan, pembayaran dengan kartu contactless tidak hanya menawarkan pengalaman membayar yang aman, mudah, nyaman, dan inovatif, tetapi sebagai metode pembayaran yang sudah menjadi pilihan utama di berbagai belahan dunia.
” Pembayaran contactless memudahkan masyarakat yang bepergian lintas negara untuk bertransaksi dengan cukup sekali tap di jutaan pilihan merchants,” terangnya.
Selain studi Visa, database Traveloka juga menunjukan tren baru di tengah masyarakat ketika mereka hendak traveling seperti untuk staycation, workcation, bleisure (perjalanan bisnis dan berlibur), dan sport tourism.
Sementara itu, Head of Corporate Partnership Traveloka, Stevens Hendrajaya mengatakan, pihaknya sangat antusias dan optimis namun tetap berhati-hati (cautiously optimistic) dengan pemulihan industri pariwisata yang perlahan-lahan mulai bangkit, seiring dengan berbagai program pemulihan sektor pariwisata yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Data internal Traveloka pada kuartal III/2022 juga menunjukkan, terdapat peningkatan pemesanan hingga 5x lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30% peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik, jika dibandingkan dengan awal tahun 2022.
Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga 4x dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.
“Sebagai travel platform terdepan se-Asia Tenggara, Traveloka terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang dinamis. Dengan pendekatan yang customer-centric, kami berupaya untuk selalu fokus dan memahami beragam kebutuhan konsumen sehingga produk dan layanan yang kami kembangkan dapat menjadi solusi yang relevan bagi konsumen.
Tambah dia, kemitraan dengan VISA semakin melengkapi komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman perencanaan perjalanan konsumen yang mudah dan seamless,” tambah.
Travel influencer Chiki Fawzi yang memiliki berbagai pengalaman traveling di dalam maupun di luar negeri juga mengatakan bagaimana teknologi contactless Visa telah memberikan berbagai macam manfaat, mulai dari kemudahannya, kenyamanan, dan penerimaannya yang sangat luas hingga sampai ke luar negeri sekalipun.
“Dari pengalaman aku traveling ke luar negeri, punya metode pembayaran yang digital dan cashless memang wajib banget. Misalnya waktu ke Swedia, itu dimana-mana udah cashless, bahkan untuk jajanan di pinggir jalan dan bayar toilet umum. Saya selalu bawa kartu berlogo Visa ini, karena udah diterima di banyak negara. Selain itu juga bisa contactless, jadi lebih nyaman dan higienis,” kata Chiki Fawzi, Travel Influencer, Model, dan TV Host.
Visa sebagai pemimpin pembayaran digital dunia yang memiliki teknologi contactless memberikan pengalaman transaksi dan pembayaran yang cepat, mudah, aman dan higienis, bersama Traveloka sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara yang mempermudah akses untuk segala bentuk akomodasi dari awal hingga akhir, seperti untuk kebutuhan booking hotel, tiket transport, atraksi lokal, kuliner, dan bahkan untuk kesehatan. (Mimi)