Porprov 2022 Berlangsung Meriah, Pengamat: Gubernur Mampu Satukan Sulsel dalam Olahraga

Porprov 2022 Berlangsung Meriah, Pengamat: Gubernur Mampu Satukan Sulsel dalam Olahraga

Porprov 2022 Berlangsung Meriah, Pengamat: Gubernur Mampu Satukan Sulsel dalam Olahraga

Makassar, Upeks.co.id — Pembukan Pekan Olahraga antar Provinsi (Porprov) Sulsel 2022, Jumat (22/10/2022) di Lapangan Andi Bintang Sinjai Utara berlangsung meriah. Meski sebelum acara banyak isu miring akan minimnya anggaran yang dipersiapkan Pemprov Sulsel melalui dana hibah kepada KONI Provinsi Sulsel.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulsel Andi Sudirman membuka langsung kegiatan Porprov XVII 2022 di Kabupaten Sinjai. Sebelum sambutan, defile atlet 24 kabupaten kota menjadi bagian yang meriah penyambutannya.

Kemeriahan pembukaan Porprov 2022 ini bukan saja banyaknya peserta atau penonton, tapi juga keneradaan marching band dari squad IPDN membuat suasana semakin meriah. Dentuman drum dan trompet membuat penonton hanyut dalam irama serta atraksi marching band yang memukau membuat penonton terus bertepuk tangan.

Porprov 2022 Berlangsung Meriah, Pengamat: Gubernur Mampu Satukan Sulsel dalam Olahraga

Bukan hanya itu, dukungan sound system yang menggelegar serta tiga layar LED membuat acara pembukaan ini semakin meriah. Lampu sorot yang memadai mendukung suasana malam pembukaan semakin semarak dan meriah.

Kemeriahan ini semakin memuncak saat depile barisan masing masing 24 kabupaten kota se Sulsel. Masing masing kontingen memiliki supporter yang tak sedikit memaksa suasana riuh gegap gempita.

Atas fenomena ini, pengamat politik dan pemerintahan Dr Arief Wicaksono mengatakan, bahwa kemeriahan ini tak lepas dari kemampuan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk mempersatukan kabupaten kota se Sulsel dalam ajang olahraga bertajuk “Porprov”.

Soal anggaran yang minim, lanjut Arief Wicaksono, itu memang dimaklumi karena memang kondisi saat ini dimana pun, tak terkecuali Pemprov Sulsel itu berusaha bangkit dari keterpurukan. Hal ini bisa kita saksikan pidato resmi Gubernur Sulsel saat puncak hari jadi ke 353 Sulsel yang menyebutkan bahwa secara umum, anggaran 2022 ini masih terseok pascapandemi. “Kita bangkit dari bottom up budget bukan dari angka zeo (nol) tapi minus,” ujar Andi Sudirman kala itu.

“Jadi kalau Porprov ini meriah maka bukan karena uang. Bukan karena dana, tapi ini karena semangat bersama yang dikomandoi oleh Bapak Gubernur,” ujar Arief.

Dengan orkestrasi yang dilakukan Gubernur Sulsel ini, tentu tidak menafikan yang dilakukan tuan rumah Pemkab Sinjai bekerja sama dengan KONI Sinjai. “Inilah yang dilakukan pemerintah menjadi pendorong peningkatan prestasi olahraga di tengah masyarakat,” ujar Arief Wicaksono.

Berdasarkan pantauan, hampir semua bupati dan walikota hadir membawa kontingennya, antara lain; Walikota Makassar Dhanny Pomanto, Gowa Adnan Purichta, Bupati Bone Fahsar Padjalangi, Bupati Barru Suwardi, bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin, bupati Wajo Amran Mahmud, wakil bupati Torut P Palimbong, Wabup Enrekang, Wabup Sidrap, dan lin sebagainya.

Ratusan atlet hadir memeriahkan pembukaan. Dan ribuan penonton ikut berdesakan menyaksikan pembukaan tersebut.(rls)