Pembekalan PPL-PT Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh, Ini Harapan Pimpinan Kampus

Pembekalan PPL-PT Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh, Ini Harapan Pimpinan Kampus

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Pascasarjana Unismuh Makassar menggelar pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan Perguruan Tinggi (PPL-PT).

Pembekalan yang dihadiri 25 orang mahasiswa dan 18 Dosen terdiri dari dosen tutor dan dosen pembimbing ini dilaksanakan di Ruangan S3 FAI Pascasarjana Unismuh Lantai 2, Rabu 12 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya
 

Ketua Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar Kaharuddin SPd MPd PhD, mengatakan PPL-PT (Praktek Pengalaman Lapangan Perkuliahan Tinggi) ini adalah suatu tahapan proses untuk memantapkan kompetensi akademik pendidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di perguruan tinggi.

“Inti kegiatan PPL-PT adalah aktivitas melakukan observasi terkait kegiatan pembelajaran dosen, mengembangkan instrument, dan perangkat pembelajaran serta mengimplementasikan di ruang perkuliahan sebagai bentuk latihan bagi Mahasiswa melalui bimbingan Dosen Tutor dan Dosen Pembimbing,” tuturnya.

Lanjut, Ia menambahkan bahwa setelah mengikuti kegiatan PPL-PT ini mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

“Melalui kegiatan menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, Menelaah pendekatan model strategi dan metode pembelajaran, Menelaah sistem evaluasi, Membantu Dosen/Guru dalam mengembangkan RPP bahan ajar LKPD media pembelajaran dan instrumen penilaian, Menelaah manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran hingga Latihan mengajar dengan Dosen Tutor dan Dosen Pembimbing,” tambahnya.

Ia berharap pula bahwa laporan pelaksanaan PPL-PT dapat di desain dalam bentuk jurnal Penelitian dan Pengabdian. “Melihat kebutuhan borang, jurnal pengabdian pada masyarakat itu masik sangat kurang. Oleh karena itu, Dosen Tutor dan Dosen Pembimbing mesti proaktif melakukan pendampingan pembuatan jurnal,” tuturnya.

Terpisah disampaikan, Direktur Pascasarjana Unismuh Makassar Prof Irwan Akib menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan PPL-PT dosen tutor dan dosen pembimbing dapat mengarahkan mahasiwa diarahkan bagaimana menjadi tenang dosen yang profesional, menguasai materi serta dapat menyediakan perangkat pembelajaran yang berbasis IT.

“Kita berharap dapat menghasilkan keluaran berupa Jurnal. Karena jurnal selain dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai persyaratan ujian, juga dapat dimanfaatkan oleh dosen terkait kenaikan pangkat akademik,” harapnya.

Prof. Irwan Akib pula berharap semua mahasiswa agar kiranya bisa selesai tepat waktu. Karena selesai tepat waktu salah satu jalan membantu universitas dan Prodi Magister Pendidikan Sosiologi dari aspek akreditasi.

Diketahui bahwa mahasiswa angkatan pertama akan praktek lapang di S1 Pendidikan Sosiologi pada tgl 17 Oktober 2022 mendatang. (aca).