Daeng Anas: Mau Bisnis, Fokus Satu Bidang Saja

Daeng Anas: Mau Bisnis, Fokus Satu Bidang Saja

 

Makassar, Upeks.co.id — Sejarah panjang sebuah warkop di Kota Makassar. Dirintis sejak tahun 1982. Dirawat dan terawat sampai hari ini. Warkop Daeng Anas, di Jl Faisal 12, Kota Makassar.

Bacaan Lainnya
 

Nasrullah Nawir, Owner Warkop Daeng Anas, mengaku usahanya ini berawal dari ikut-ikut usaha orang tua.

“Usaha ini kami mulai sejak tahun 1982, awalnya kami ikut membantu dengan orang tua. Namanya waktu itu masih warkop Sudut. Di seputar Daya.” katanya saat tampil pada Podcast Upekscoid, Rabu 24 Agustus 2022.

Daeng Anas, sapaan akrab Nasrullah Nawir, mengaku waktu itu warkop sudut sangat sederhana didingnya masih terbuat dari seng.

Beberapa saat kemudian, Warkop Sudut terpaksa harus pindah karena pemilik lahan ingin menempati tempat itu. Akhirnya pindahlah warkop tersebut di bilangan Jl AP Pettarani. Namanya pun diubah, menjadi Warkop Sumber Daya.

“Kenapa namanya Sumber Daya, karena memang warkop ini memang barasal dari Daya,” kenanang Daeng Anas.

Bertahan di tempat itu beberapa tahun, kemudian pindah lagi di Jl Pelita Makassar. Berkat usulan salah seorang langganan yang juga pengusaha, menyarankan agar nama warkop diubah. Menjadi Warkop Daeng Anas.

“Sejak saat ini kami ubah nama warkop Sumber Daya menjadi Warkop Daeng Anas,” katanya.

Bertahan selama kurang lebih delapan tahun di Jl Pelita, Warkop Daeng Anas kemudian pindah lagi di Jl Faisal 12 Makassar.

“Jadi kami baru sekitar 2 tahun di Faisal, sebelumnya di pelita,” katanya.

Ada pesan khusus dari Daeng Anas yang ingin berbisnis. “Kalau mau berbisnis fokus saja pada satu bidang. Itu adalah pesan dari orang tua kami,” katanya.

Kini, Warkop Daeng Anas, sudah mengembangkan usaha menjadi frenchise dan terbuka untuk mereka tertarik mengembangkan usaha. (yoko)