POBSI Sulsel Gelar Pelatihan Pembinaan Atlet Biliar Angkatan 1 Tahun 2022

  • Whatsapp
POBSI Sulsel Gelar Pelatihan Pembinaan Atlet Biliar Angkatan 1 Tahun 2022

Makassar,Upeks.co.id– Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sulsel bekerjasama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel menggelar pelatihan pembinaan atlet biliar angkatan I tahun 2022.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (25-26/6/2022) di Hotel Almadera Makassar ini, dibuka secara langsung oleh Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia kegiatan, Syafruddin dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelatihan pembinaan tersebut diikuti oleh perwakilan atlet biliar pemula dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel, dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari komunitas biliar yang memiliki pengalaman dan kualifikasi di dunia biliar. Selain itu, pelatihan ini juga untuk mewujudkan visi Ketua Pengprov POBSI Sulsel.

“Pelatihan ini merupakan salah satu program strategis POBSI. Membentuk pondasi pemain biliar pemula, yang memiliki minat tapi sentuhannya masih kurang. Ini yang perlu diperbaiki melalui pelatihan ini, untuk mendukung pengembangan biliar di Sulsel,” katanya.

Ketum Pengprov POBSI Sulsel, Andi Syafiuddin Patahuddin menegaskan, visi POBSI Sulsel adalah menjadikan Sulsel sebagai gudang atlet biliar berprestasi. Berdasar visi inilah, kata dia, pengurus Pengprov POBSI Sulsel mengambil langkah merealisasikan visi tersebut melalui pelatihan pembinaan atlet biliar ini.

“Ada dua hal yang paling penting. Apapun kerja kita untuk mewujudkan Sulsel sebagai provinsi yang mencetak atlet-atlet berprestasi, membutuhkan sinergitas dengan stakeholder terkait. Makanya, kita sinergikan kegiatan pelatihan ini dengan Dispora dan KONI Sulsel. Karena prestasi yang kita raih tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak. Kedua, bagaimana mempertahankan atlet yang ada,” tegasnya.

Andi Syafiuddin juga berharap, pelatihan pembinaan ini dapat melahirkan atlet-atlet biliar Sulsel yang berbakat. Sehingga, bisa menjadikan Sulsel sebagai gudang atlet berprestasi untuk mengangkat harkat dan martabat Provinsi Sulsel.

Wakil Ketua Umum (Waketum) V KONI Sulsel, Mappinawang berharap, pelatihan pembinaan atlet biliar yang digelar Pengprov POBSI Sulsel tersebut dapat melahirkan atlet-atlet berbakat, yang bisa mengangkat harkat dan martabat serta organisasi.

Sementara itu, Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis menuturkan, pelatihan pembinaan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada para atlet. Olehnya itu, ia berharap, kolaborasi dan sinergitas dengan Pengprov POBSI dan KONI Sulsel tetap berlanjut.

“Mari kita kolaborasi bagaimana menjamin keberlanjutan sumber daya, mencari bibit atlet lalu dibina secara konsisten. Karena pembinaan atlet bukan hanya tugas pemerintah, butuh kolaborasi dengan komunitas Cabor, organisasi, akademisi dan media massa, termasuk swasta,” ajaknya saat membuka pelatihan pembinaan atlet biliar angkatan I tahun 2022.

“Kita (Pemerintah) mendorong agar semua stakeholder terlibat di dalam pembinaan olahraga. Salah satunya, membentuk forum CSR perusahaan. Yang mana, perusahaan-perusahaan yang ada di Sulsel ini bisa menjadi bapak angkat,” ujarnya menambahkan. (rif)