Pelaksanaan Porprov Sinjai-Bulukumba Diundur dan Peluncuran Logo Porprov XVII

  • Whatsapp
Pelaksanaan Porprov Sinjai-Bulukumba Diundur dan Peluncuran Logo Porprov XVII

Sinjai, Upeks.co.id -Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel XVII yang akan digelar di Bulukumba dan Sinjai akan digelar 22-30 Oktober 2022. Semula event olahraga terakbar di Sulsel ini dijadwalkan 7-15 September 2022.

Penundaan jadwal Porprov diputuskan dalam rapat pleno diperluas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel di Makassar, Rabu (29/6). Pleno yang berlangsung secara virtual itu dipimpin Wakil Ketua KONI Sulsel, Prof Dr Andi Ihsan. Rapat dihadiri Ketua KONI kabupaten dan kota dan pengurus cabang olahraga.

Bacaan Lainnya

Ketua KONI Sinjai,Suhardiman S.Pd yang di hubungi via whats app menjelaskan bahwa jadwal pelaksanaan porprov diundur ke tanggal 22-30 oktober 2022 dan logo Porprov Sul-Sul XVII 2022 telah resmi di luncurkan.

” Keputusan pengunduran jadwal porprov Sul-sel telah diputuskan di rapat pleno, semula jadwal porprov akan di laksanakan pada tanggal 7-15 september 2022 di undur ke tanggal 22-30 oktober 2022 dan logo porprov XVII 2022 sudah resmi di luncurkan”jelasnya

Logo yang di luncurkan memasukkan beberapa unsur di dalamnya yaitu tiga lingkaran, Kuda, Phinisi dan Angka romawi XVII (17) dan beberapa warna yang mempunya arti dan makna di dalamnya.

Adapun makna khusus setiap item dalam logo  porprov XVII Sinjai – Bulukumba yaitu:

– Tiga Lingkaran bermakna tiga lingkaran yang menyatakan bahwa kekuatan itu akan tetap kokoh dan abadi bila didasari prinsip yang berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu,Indonesia. Serta mengatikan tiga prinsip dalam olahraga yaitu prestasi, sportifitas dan solidaritas.

–  Kuda bermakna masyarakat sinjai sebagian besar menggunakan kuda sebagai hewan yang paling dominan membantu aktifitas keseharian masyarakat dan bahkan menjadi “kendaraan resmi raja-raja”  yang kadang juga digunakan sebagai kendaraan perang. Selain itu, kuda jga melambangkan keperkasaan, ketekunan dan semangat kerja keras yang dimiliki masyarakat sinjai.

– Phinisi bermakna sebagai salah satu mahakarya ciri khas masyarakat bulukumba, yang dikenal sebagai “butta panrita lopi” atau daerah bermukimnya orang yang ahli dalam membuat perahu.

– Angka XVII (17) bermakna Angka Romawi X (Tiang Layar Kapal), angka V (Kapal) dan  Angka II ( ombak), angka romawi XVII menunjukan angka penyelenggaraan porprov yang saat ini di laksanakan yakni yang ke 17.

Sedangkan makna warna yang terdapat di logo porprov XVII Sinjai-Bulukumba adalah

– warna merah melambangkan energi, perjuangan dan semangat dari para atlit untuk meraih prestasi di ajang porprov ini.

-warna Hijau melambangkan kesuburan  dan kekayaan dataran sulawesi selatan yang berupa hamparan hutan, pegunangan serta persawahan yang luas, juga menjadi gambaran sinjai yang terkenal akan hutan mangrovenya yang merupakan salah satu hutan mangrove terluas di Indonesia

– warna biru menggambarkan bahwa sulawesi selatan memiliki gugusan pantai serta alam bawah laut yang indah. Warna biru juga menggambarkan Bulukumba yang terkenal akan keindahan destinasi pantainya.

– warna kuning melambangkan sikap sportifitas, kesatria dan kedewasaan dalam berfikir dan bertindak.

-warna coklat melambangkan kekuatan, kedisiplinan dan optimisme untuk meraih tujuan. (awl)