Rakornas PD. Pontren, Sulsel Kembali Sampaikan Kesiapan Tuan Rumah POSPENAS IX

  • Whatsapp
Rakornas PD. Pontren, Sulsel Kembali Sampaikan Kesiapan Tuan Rumah POSPENAS IX

Surakarta,Upeks.co.id— Pemaparan kesiapan Sulsel sebagai tuan rumah pospenas IX disampaikan kembali Kabid PD. Pontren Kemenag Sulsel, Mulyadi dihadapan Direktur PD. Pontren beserta Kabid PD Pontren/Pakis se-Indonesia dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yang diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Surakarta, Jawa Tengah, 28-30 Maret 2022.

Persiapan Pekan Olahraga dan Seni antar-Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) di Makassar pada Oktober 2022 mendatang, merupakan salah satu agenda Rakornas saat ini, kata Mulyadi saat dikonfirmasi melalui WhatsApp.

Bacaan Lainnya

“Sulsel Insya Allah siap menjadi tuan rumah yang baik dan siap menyukseskan gelaran 3 tahunan pospenas di Makassar Sulawesi Selatan, “ungkapnya.

Kini pihaknya menanti kedatangan Panitia Kerja Tetap Nasional (Panjatapnas) POSPENAS untuk hadir di Sulsel, menilik segala persiapan yang telah dipaparkan sebelumnya.

Sebelumnya, Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, Rakornas digelar untuk mempertajam program prioritas dan membahas isu-isu strategis agar terkoordinasi dengan baik dari hulu sampai hilir. 

“Kalau hulunya bagus, maka hilirnya juga akan bagus. Ini sekaligus upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kalangan pesantren,” ujar Waryono. 

Waryono menyebutkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadikan Kemandirian Pesantren sebagai salah satu program prioritas.

“Bagaimana langkah strategis mewujudkan Kemandirian Pesantren, akan kita bahas bersama dalam Rakornas ini. Termasuk juga bahasan tentang dana abadi pesantren, pendidikan inklusi, pendidikan anti kekerasan, dan beasiswa santri,” jelas Waryono.

“Akan kita bahas bersama juga langkah strategis Direktorat PD Pontren dalam penguatan moderasi beragama, dan juga persiapan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) di Makassar pada Oktober 2022,” tandasnya.