Dosen Unismuh Makassar Gelar Pelatihan Media Pembelajaran untuk Guru IPA di Sidrap

  • Whatsapp
Dosen Unismuh Makassar Gelar Pelatihan Media Pembelajaran untuk Guru IPA di Sidrap

SIDRAP, UPEKS.co.id — Guru di abad 21 idealnya memiliki keterampilan dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran.

Media pembelajaran tersebut, antara lain, media ppt interaktif, modul digital, augmented dan virtual reality.

Bacaan Lainnya

Salah satu tim pengabdian masyarakat Unismuh Makassar yang diketuai oleh Hartono Bancong PhD telah melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan media pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru IPA di kabupaten Sidrap.

PelatIhan dan pendampingan ini digelar selama sepekan, 20-26 Desember 2021, di SMK Negeri 6 Sidrap.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan keterampilan guru-guru IPA di Bulu Cenrana Kabupaten Sidrap dalam mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan tren pendidikan abad 21,” tutur Hartono.

Kegiatan ini, lanjut Hartono, melibatkan 20 perwakilan guru IPA di Kabupaten Sidrap. Selama pelaksanaan kegiatan ini guru-guru mendapatkan materi dan mendesain langsung media ppt interaktif.

Selain itu, guru juga dilatih membuat modul digital berbasis hypercontent. Pada hari terakhir, mereka dilatih mendesain augmented dan virtual reality.

Para guru yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan banyak pengalaman dalam mendesain media-media pembelajaran.

“Ilmu yang telah saya dapatkan melalui pelatihan dan pendampingan ini, Insya Allah akan saya terapkan di dalam pembelajaran di kelas khususnya kimia sebagai mata pelajaran yang saya ampuh. Kegiatan ini sangat bagus untuk kami karena kami langsung diajari dan mempraktekan langsung cara membuat media ppt interaktif, modul digital, augmented dan virtual reality” tutur Irma Safitri, guru kimia yang mengikuti kegiatan ini.

Irma juga mengucapkan terima kasih kepada tim pelaksana pengabdian masyarakat Unismuh Makassar atas kegiatan ini. (rls).