Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Takalar Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Masa Kini

  • Whatsapp
Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Takalar Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Masa Kini

TAKALAR, UPEKS.co.id–Pemerintah Kabupaten Takalar menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman depan Kantor Bupati Takalar, Rabu (10/11/2021).

Upacara yang berlangsung secara khidmat dilaksakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah peserta yang terbatas.

Bacaan Lainnya

Dalam menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini yang dibacakan Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. M.M mengatakan bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun perlu terus dikenang sepanjang masa.

Oleh karena itu, di Hari Pahlawan tahun 2021 ini telah mengusung tema ”Pahlawanku Inspirasiku.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan perjuangan mereka. Jika dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,” kata H. Syamsari.

Ia mencontohkan seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, bahkan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

“Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Seperti nilai-nilai kepahlawanan percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu hinggq bergotongroyong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

H. Syamsari mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Dalam upacara tersebut turut menghadirkan para veteran yang berjuang melawan penjajah.(Jahar)