59 Yatim Piatu Korban Covid-19 Dapat Dukungan Psikososial dari Polda Sulsel

  • Whatsapp
59 Yatim Piatu Korban Covid-19 Dapat Dukungan Psikososial dari Polda Sulsel

Makassar, Upeks–Sebanyak 59 orang anak-anak yang kehilangan orang tua akibat terpapar Covid-19 dari dua wilayah Kabupaten yakni Gowa dan Maros mendapat dukungan Psikososial oleh Biro SDM Polda Sulsel di Aula Mappaodang, Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (2/10/2021).

Dukungan Psikososial diberikan SDM Polda Sulsel diberikan kepada anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat Covid-19. Selain itu juga terdapat 10 orang anak berkebutuhan khusus (disabilitas) dari wilayah Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak dengan melibatkan berbagai pihak seperti TNI, BRI, Kemensos, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak, LPAI, Himpsi secara virtual.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam, yang ikut dalam kegiatan tersebut melalui zoom meeting mengatakan, pandemi Covid-19 yang cukup panjang ditambah dengan banyaknya korban meninggal dunia, memberikan dampak psikologi kepada keluarva korban, bukan hanya orang dewasa, namun juga terhadap anak-anak.

“Dukungan psikososial ini merupakan upaya kita untuk melindungi anak-anak dari beban pikiran yang berkepanjangan. Karena telah kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tuanya akibat Covid-19. Kita dampingi mereka, kita pulihkan kondisi mentalnya. Sehingga bisa bangkit dan semangat untuk menjalani hidup ke depan labih baik lagi, ” ucap Kapolda Sulsel.

Sementara kepada anak-anak berkebutuhan khusus, Irjen Merdisyam mengatakan, mereka diberikan motivasi agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

“Dengan bantuan psikososial dari Psikolog Polda Sulawesi Selatan dan psikolog-psikolog Himpsi Sulsel terhadap anak-anak berkebutuhan khusus diharapkan mereka tidak lagi minder dengan kondisinya saat ini, melainkan lebih adaptif dan lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat,” sebut Alumnus Akpol 1991 ini.

Kata Irjen Merdisyam, anak-anak yang terdampak Covid-19 dan berkebutuhan khusus menjadi tanggung jawab bersama.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya sekedar ceremonial namun diharapkan bisa berkelanjutan, agar mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang kuat , tangguh dan luar biasa nantinya,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, dukungan Psikososial kepada anak anak yang terdampak Covid-19 adalah wujud hadirnya Negara empati dan peduli anak.

“Kehadiran Psikolog Biro SDM Polda Sulsel dan juga psikolog-psikolog lainnya yang tergabung dalam Himpsi Propinsi Sulawesi Selatan. Dengan memberikan layanan dukungan psikososial terhadap anak-anak terdampak Covid-19 Dan berkebutuhan khusus (Disabilitas ) adalah wujud negara hadir untuk meningkatkan empati dan kepedulian terhadap anak-anak,” tandas Kapolda Sulsel Irjend Pol Merdisyam. (*)

59 Yatim Piatu Korban Covid-19 Dapat Dukungan Psikososial dari Polda Sulsel
Pelaksanaan Psikososial kepada anak-anak yang terdampak Covid19 dan Disabilitas di Aula Mappaodang Mapolda Sulsel. (Foto: BIRO SDM Polda Sulsel).

Pos terkait