Wali Kota Parepare Bakal Optimalisasikan Fasilitas Gelora BJ Habibie untuk Home Base PSM Makassar

  • Whatsapp
Wali Kota Parepare Bakal Optimalisasikan Fasilitas Gelora BJ Habibie untuk Home Base PSM Makassar
Appi saat Meninjau Gelora BJ Habibie didampingi Walikota Parepare dan sejumlah Kepala OPD.

PAREPARE, UPEKS.co.id — Stadion Gelora BJ Habibie, yang berada di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, disebut di atas standar 80 persen layak sebagai home base PSM Makassar.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin didampingi Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat meninjau Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Rabu (8/9/2021) sore kemarin.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, jika basis stadion dengan kapasitas 2000 penonton itu sudah sangat memenuhi standar.

Namun kata dia, ada beberapa hal yang harus di update, seperti persyaratan lampu untuk pertandingan malam, rumput yang harus menjadi standar, ruangan-ruangan ganti dan sebagainya, untuk persiapan laga tahun depan.

“Saya bawa pak Yahya sebagai Direktur Infrastruktur PSM Makassar untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah dari Parepare, dalam hal ini kita langsung datang ijin ke pak wali dan alhamdulillah sudah sangat direspon, sudah sangat di support, pak wali berkomitmen untuk memberikan anggaran sehingga segala kekurangan untuk menjadikan stadion ini bisa menjadi standar untuk menyajikan liga dan bisa kita wujudkan sama-sama,” kata Appi sapaannya.

Dia mempresentasikan dengan kondisi sekarang ini, Stadion Gelora BJ Habibie disebutkan 80 persen memenuhi standar. Jika tahun depan perhelatan Liga 1 dan sudah dapat keluar dari persoalan pandemi, Stadion Gelora BJ Habibie akan digunakan sebagai home base PSM Makassar.

“Kenapa kami datang hari ini ke pak wali, untuk supaya waktu ini ada relatif panjang untuk memperbaiki ini. Jadi tahun ini kan tidak mungkin pindah lagi, tahun ini PSM bermain, seluruh peserta liga 1 bermain di Jabodetabek. Sampai itu tahun depan kita sudah bisa home away, kita bawa kesini (Tim PSM Makassar) bersama pak wali dan seluruh pecinta sepakbola di Parepare dan sekitarnya akan menyaksikan laga pertandingan PSM disini,” ungkap Appi.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, menyebutkan visi misinya pada periode keduanya ini yaitu membangun Kota Parepare menjadi kota Industri Tanpa Cerobong Asap. Selain bidang kesehatan, pendidikan, dan kepariwisataan, dia menganggap bahwa sepakbola sebagai industri persepakbolaan.

“Maka saya yakin sekali, pemerintah kota harus mengapresiasi, dengan sendirinya nanti akan terjadi multi player efek, kehadiran PSM disini akan mampu menghadirkan sumber-sumber ekonomi baru. Kami meninjau lapangan ini, ingin mendapatkan masukan. Karena kita mau bersinergi agar supaya optimalisasi fasilitas lapangan ini kita bisa persembahkan kepada PSM,” ujar mantan pemain PS Jaka Putra.

Ketua DPD Golkar Sulsel ini menuturkan, jika Stadion Gelora BJ Habibie tiap tahun dianggarkan secara bertahap, namun belum memiliki pedoman seperti standarisasi lapangan persepakbolaan yang ideal.

“Pak Appi bersama timnya hadir dan kita sudah rapat dan meninjau langsung lapangan ini. Disitulah nanti kita akan temukan mana yang harus dibenahi, mana yang harus di optimalkan, mana yang harus dibangun. Saya yakin sekali, insya Allah, dinda tahu seperti apa semangat persepakbolaan saya, ini lapangan sebagai bukti sejarah, bisa dikatakan sebelum pandemi selalu ada event disini,” pungkas Taufan. (Ai)

Pos terkait