Muhammad Aras Tinjau Balai Besar Pelatihan Masyarakat Kementerian Desa dan PDTT

  • Whatsapp
Muhammad Aras Tinjau Balai Besar Pelatihan Masyarakat Kementerian Desa dan PDTT

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Anggota Komisi V DPR Muhammad Aras melakukan peninjuan Balai Besar Pelatihan Masyarakat Kementerian Desa dan PDTT di Makassar, Rabu (22/09/2021).

Tujuan dari kunjungan itu adalah demi memastikan bahwa fasilitas yang dibangun mampu menjadi fasilitator Pemberdayaan atau pelatihan Masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Klimaks dari pemberdayaan tersebut adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut menjadi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan,” terang Muhammad Aras.

Menurutnya ini merupakan kesepahaman antara Komisi V DPR RI dengan Pemerintah melalui Kemendes. Bahkan hal ini menjadi barometer keberhasilan pencapaian yang terukur di lingkungan Kemendes-PDTT yang didukung penuh oleh Komisi V DPR RI.

“Kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami masyarakat yang ditandai oleh kemampuan untuk memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah yang dihadapi,” sambung Muhammad Aras.

Adapun tahapan pemberdayaan ialah melalui suatu masa proses belajar hingga mencapai status mandiri. Tahap-tahap yang harus dilalui meliputi:  penyadaran dan tahap pembentukan perilaku sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan kapasitas diri, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan dan pengetahuan, kecakapan keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan dasar sehingga dapat mengambil peran dalam pembangunan.

Kemudian, tahap kemampuan intelektual, kecakapan keterampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mencapai kemandirian individual dan kelompok.”Jelas Muhammad Aras, Anggota DPR RI Dapil Sulsel II dan Ketua Dewan Pertimbangan DPW PPP Sulsel saat di wawancara.

“Akan tetapi faktanya, masyarakat desa tidak banyak yang tahu bahwa Kementerian Desa merupakan mitra kami di Komisi V DPR RI, hal ini menandakan bahwa Kementerian Desa kurang melibatkan kami di lapangan terkait dengan realisasi program-programnya. Jadi ke depan kita perlu membangun sinergi dan koordinasi yang dengan mitra agar masyarakat teredukasi juga terkait dengan peran dan fungsi kami di DPR RI,” terang Muhammad Aras.

Sedangkan Kepala BPSDM Kemendes PDTT Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela berharap, balai ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak, mengingat jangkauan balai ini termasuk seluruh Sulawesi Selatan.

“Bahkan hal ini menjadi barometer keberhasilan pencapaian yang terukur di lingkungan Kemendes-PDTT yang didukung penuh oleh Komisi V DPR RI. Harapan kami ke depannya agar balai ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak, mengingat jangkauan balai ini termasuk seluruh Sulawesi Selatan,” kata Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd dalam sambutannya selaku Kepala BPSDM Kemendes PDTT. (mah)