BPJS Kesehatan dan Pemda Pasangkayu Dorong Terwujudnya Universal Health Coverage (UHC)

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan dan Pemda Pasangkayu Dorong Terwujudnya Universal Health Coverage (UHC)

Bacaan Lainnya

 

Pasangkayu, upeks.co.id– Sampai dengan Agustus tahun 2021, kepesertaan JKN-KIS Kabupaten Pasangkayu telah mencapai sebesar 71,46% dari total 191.745 penduduk setempat. Pemerintah Kabupaten Pasangkayu pun siap untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) dengan sinergi dari stakeholder terkait.

“Dibutuhkan kurang lebih 42.500 jiwa lagi agar kabupaten Pasangkayu bisa mencapai Universal Health Coverage (UHC),” papar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju St. Umrah Nurdin.

Ia juga menyampaikan bantuan dukungan dari Pemkab Pasangkayu terkait pembayaran iuran yang saat ini sudah berjalan dengan baik agar bisa lebih dimaksimalkan lagi. Karena menurutnya upaya penambahan peserta juga tidak bisa berjalan baik apabila tidak dibarengi dengan kolektabiltas iuran yang baik juga.

“Mohon dukungan kepada pemerintah kabupaten Pasangkayu dalam progres realisasi pembayaran iuran,” tambahnya.

Asisten II Pemkab Pasangkayu, Makmur menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh terhadap Program JKN-KIS. Dirinya juga sangat berharap agar masyarakat Pasangkayu dapat terdaftar seluruhnya dalam Program JKN-KIS. Untuk itu menurutnya seluruh stakeholder perlu mencari cara atau sistem yang efektif dalam optimalisasi Program JKN-KIS di Pasangkayu.

“Nanti akan kami kordinasikan secara internal terlebih dulu cara-cara yang dapat digunakan dalam pencapaian peserta yang masih bisa dilakukan oleh pemerintah daerah. Seelah itu akan kami sinergikan dengan BPJS Kesehatan dalam implementasinya,” ungkap Makmur.

Ia juga menambahkan akan memberikan penekanan pada kepesertaan KP Desa di Pasangkayu yang saat ini belum bisa maksimal pelaksanannya.

“Mekanisme pemotongan dan pembayaran iuran 1% aparat desa akan kami lakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku sehingga pendaftaran keselurahan aparat desa dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya. (AM/af)