175 Warga Sidrap Terpapar Covid-19, Hari Ini Bertambah 33 Kasus, 7 Sembuh dan 2 Meninggal

  • Whatsapp
175 Warga Sidrap Terpapar Covid-19, Hari Ini Bertambah 33 Kasus, 7 Sembuh dan 2 Meninggal

SIDRAP UPEKS.co.id— Kabupaten Sidrap, kini kembali diguncang wabah virus Corona Disease atau covid-19. Tak tanggung-tanggung pada Juli 2021, terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 175 kasus.

Jubir Satgas Covid-19 Sidrap, dr. Ishak Kenre saat di konfirmasi melalui ponselnya, Minggu (1/8/2021) membenarkan adanya peningkatan kasus aktif terkonfirmasi Covid-19 di Bumi Nene Mallomo Sidrap sebanyak 175 kasus.

Bacaan Lainnya

Menurut Ishak Kenre, adanya peningkatan kasus tersebut diakibatkan kelalaian warga dalam menerapkan protokol kesehatan (Protkes), terutama penggunaan masker saat berada di luar rumah atau bepergian.

“Penggunaan masker itu bisa menepis atau menekan 95 persen penularan Covid-19. Apalagi di Sulsel varian delta sudah masuk, dan penularannya cepat,” ungkapnya.

Salah satu untuk menekan penularannya adalah mematuhi dan disiplin dalam menerapkan Protkes. Tentunya menjadi penentu kesehatan adalah tingkatkan imun dan penerapan pola 5 M”, kata Ishak Kenre.

Juru bicara (Jubir) satuan tugas (Satgas) Covid-19 Sidrap, dr. Ishak Kenre mengatakan masyarakat jangan lalai menggunakan masker, ingat virus Corona masih ada dan aktif di daerah kita.

Untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 adalah dibutuhkan kesadaran dan kesabaran untuk tetap menerapkan (Protkes).

Di tambahkan Ishak Kenre, bahwa hari ini, 33 Warga terkonfirmasi positif civid-19, 7 orang sembuh dan 2 meninggal dunia. Sementara 156 warga Isolasi Mandiri dan 9 orang di Rawat di RS, ungkap Ishak Kenre.

Terpisah Kepala Satpol PP dan Damkar Sidrap, Usman Demma mengatakan, pemerintah saat ini gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan edukasi terkait penerapan protokol kesehatan, baik di acara hajatan/ di Pesta pernikahan, Warung, toko atau supermarket dan tempat umum.

Lanjut Usman Demma, pihaknya kini intens untuk melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi dan mengingatkan kepada warga akan bahaya virus Corona. Apalagi Sidrap saat ini Sidrap berada di zona Orange atau level 3 dimana tingkat penyebarannya cepat.

“Memutus mata rantai virus Corona, dibutuhkan kesadaran dan keaktifan yakni menerapkan protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker,” jelas Usman Demma.

Sementara itu, Bahar warga Kota Pangkajene mengatakan, meminta kepada pemerintah untuk penegakan disiplin Protkes kepada warga, guna untuk kepentingan, dan kesehatan bersama, dan meminta kepada warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang benar.

Lanjut Bahar mengatakan, untuk penerapan disiplin Protkes jangan pilih kasih. Ia meminta kepada pemerintah menjadi contoh untuk penerapan Protkes.

“Karna ada aktivitas yang dilakukan dapat mengundang kerumunan. Salah satu contoh saat penyerahan bantuan pupuk Hayati pada tanggal 16 Juli 2021 di Dinas Pertanian Sidrap Kompleks SKPD tanggal 16 Juli 2021 dengan mengundang kelompok tani dari 11 Kecamatan yang ada di Sidrap, tentu hal ini mengundang kerumunan massa, ada apa di Pemkab Sidrap,” terang Bahar. (Risal Bakri)

 

Pos terkait