Besarnya Manfaat JKN-KIS dalam Kehidupan Fatimah Dan Keluarga

  • Whatsapp
Narasumber : FATIMAH R.
Narasumber : FATIMAH R.

 

 

Bacaan Lainnya

 

 

 

 

 

 

Makassar, upeks.co.id – Fatimah (31) adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang berdomisili di Kompleks Hasanuddin Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Ia yang saat ini tinggal bersama suami, anak beserta orang tuanya merasa sangat bersyukur karena telah merasakan manfaat dengan adanya Program JKN-KIS.

Fatimah mengatakan, awal mula dirinya merasakan manfaat Program JKN-KIS adalah ketika melahirkan anak pertamanya, dan pada kehamilan berikutnya ia rutin memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar saat merasakan kurang sehat dan kontrol kehamilan. Fatimah mengungkapkan dirinya tidak perlu mengantre lama saat berobat di fasilitas kesehatan dan pelayanannya pun sangat ramah serta memuaskan.

“Setiap ada keluhan sakit saya diberikan obat dan alhamdulillah obat yang diberikan dokter dalam sehari konsumsi langsung terasa perubahan. Kesehatan saya kembali membaik dalam beberapa hari ke depannya,” ungkap Fatimah, Jumat (28/05).

Manfaat Program JKN-KIS tidak hanya dirasakan oleh Fatimah sendiri, namun dirasakan anaknya. Saat melahirkan dan masuk rumah sakit, segala biaya kelahiran dan perawatan anak Fatimah tertanggung penuh, tidak ada beban biaya sedikitpun dikeluarkan olehnya dan suami.

“Setelah melahirkan saya rutin membawa anak setiap kondisi kesehatannya terganggu. Begitu besar manfaat JKN-KIS sangat membantu keluarga kami, karena kami tidak perlu khawatir lagi akan biaya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Fatimah pun memberikan apresiasi atas pelayanan yang telah ia dan keluarga dapatkan. Semua pelayanan ataupun fasilitas yang diperoleh sangat memuaskan. Fatimah menyadari akan pentingnya Program JKN-KIS ini dan mengimbau agar masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS segera mendaftarkan diri beserta keluarga sebelum sakit.

“Sekarang ini kondisi pandemi Covid-19 sangat meresahkan, apalagi pekerjaan kami yang hanya wirausaha kecil. Tentunya keluarga kami sangat terbantu dengan adanya program JKN-KIS ini. Hal ini tidak akan terwujud apabila saya dan keluarga tidak menjadi peserta JKN-KIS. Saya dan keluarga saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan yang telah menyelenggarakan program ini, semoga Program JKN-KIS terus berlanjut dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” tutur Fatimah.(rls)

 

Pos terkait