ANEKA

Peran UKS Perlu Dioptimalkan, Tingkatkan Kesehatan Siswa di Pandemi Covid-19

Peran UKS Perlu Dioptimalkan, Tingkatkan Kesehatan Siswa di Pandemi Covid-19

GOWA, UPEKS.co.id–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Temu Koordinasi Bidang Kesehatan tentang peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Meningkatkan Kesehatan di Sekolah Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (16/3/2021).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Ratnawati mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan taraf kesehatan peserta didik yang ada di sekolah terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kita harus semua tetap waspada, olehnya itu, kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah harus terus tetap berjalan agar anak didik kita mengetahui pentingnya perilaku hidup sehat terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Ratna.

Ia berharap sekolah yang ada di Gowa tetap mengoptimalkan peran UKS dan menghadirkan program-program yang bisa membuat peserta didik memiliki pengetahuan prinsip hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesehatan lingkungan sekolah, rumah tangga maupun di lingkungan keluarga.

“Kami berharap agar semua sekolah di semua tingkatan dapat memiliki UKS masing-masing agar peserta didik kita memiliki ketrampilan hidup sehat,” harapnya.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Gowa, Muhammad Rusdi saat membuka kagiatan ini mengatakan UKS sangat penting untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat para peserta didik di sekolah.

Kemampuan hidup sehat kata Muh Rusdi, tentunya akan membentuk membentuk perilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.

Peran UKS Perlu Dioptimalkan, Tingkatkan Kesehatan Siswa di Pandemi Covid-19

Kegiatan Temu Koordinasi ini diharapkan dapat memberikan semangat dan kesadaran pihak sekolah untuk berkomitmen membenahi UKS. Begitupun dengan UKS, dirinya berharap dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat bagi guru dan siswa.

“Saya berharap pada para kepala sekolah dan guru pembina UKS untuk melakukan pembinaan secara berkesinambungan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas peserta didik sejak usia dini,” harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini.

Menurutnya UKS ini adalah sesuatu hal yang penting dalam sekolah terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Apalagi kata Rieke, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI merencanakan akan membuka kembali sekolah tatap muka pada Juli mendatang, sehingga menurutnya peran UKS ini akan sangat dibutuhkan. Sehingga dirinya juga berharap setiap sekolah membentuk gugus tugas untuk melakukan pengawasan Protokol Kesehatan di lingkungan sekolah.

“Kenapa UKS ini penting karena UKS ini adalah tempat untuk memberikan pertolongan pertama bagi anak-anak kita di sekolah dan siapa saja apa bila ada yang merasa tidak sehat,” tandasnya.

Guru SMP Citra Samata, Muh Tahmid juga menyambut baik Tamu Koordinasi ini, terutama dalam pembuatan gugus tugas dan memaksimalkan peran UKS di Sekolah. Dirinya berharap ini dapat melindungi para siswa ketika sekolah tatap muka mulai dibuka.

“Karena dengan adanya gugus tugas Covid-19 di sekolah sangat membantu untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di sekolah, bahkan kami berharap tidak penyebaran Covid-19,” harapnya.(sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top