UIT dan Pemkab Bone Penandatanganan Kerjasama MoU

  • Whatsapp
UIT dan Pemkab Bone Penandatanganan Kerjasama MoU

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Penandatanganan Kerjasama MoU Universitas Indonesia Timur (UIT) dengan Pemkab Bone berlangsung di Ruang Rektorat Lantai 2, Jl Rappocini Raya, Makassar , Senin 15 Maret 2021.

Penandatanganan dilakukan Rektor UIT Dr.Andi Maryam,S.ST, SKM, M.Kes dengan Bupati Bone, Dr. H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si.

Bacaan Lainnya

Rektor UIT dalam sambutannya memaparkan, UIT berdiri 2001 dan alhamdulillah saat ini mengelola 22 Prodi yang tersebar di 11 Fakultas. Salah satunya program Pascasarjana.

Alhamdulillah cukup banyak mahasiswa dari Kabupaten Bone melanjutkan pendidikannya pada Megister Kesehatan dan Megister Ilmu Administrasi Negara,kata rektor.

Insya Allah, Magister Ilmu Administrasi Negara akan berubah Magister Administrasi Publik, kata Andi Maryam Rektor seraya berterima kasih kepada Pemda Kab. Bone atas kehadirannya di kampus UIT.

Ditambahkannya, menyambut program Kampus Merdeka, UIT harus perbanyak kerjasama pemkab/Kota karena dituntut,agar anak didik melalui suatu kegiatan-kegiatan yang Merdeka Belajar,
Merdeka Belajar dengan bebas 3 SKS. Dimana 1 SKS mahasiswa bisa menempuh di Program Studi yang lain dalam lingkup Perguruan Tinggi yang sama atau perguruan tinggi yang lain. Kemudian dua semester lagi terakhir.

”Kalau dulu kita mengenal KKN dan KKP, tapi ke depan, sudah harus kita inplementasikan dalam dua semester itu melalui kegiatan Magang. Mahasiswa bisa memilih apakah mereka ke Industri atau mau terjun ke Desa-desa bersama pemerintah disana sesuai bidang ilmunya,” kata rektor.

Sementara itu, Bupati Bone, Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si mengatakan Penandatanganan Kerjasama ini, diyakini sangat menguntungkan bagi kedua pihak. Kami atas nama Pemkab Bone menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada Ibu Rektor dan seluruh jajarannya atas kerjasama ini.

”Sebelumnya sudah ada beberapa perguruan tinggi juga MoU dengan pemkab Bone, baik di Makassar maupun beberapa Kabupaten dan Kota yang memiliki Perguruan Tinggi. Diantaranya Unismuh Sinjai.

Artinya kerjasama dalam MoU ini sangat penting, bukan saja bagi kampus Perguruan Tinggi kami juga Pemerintah Daerah, karena kita membuka diri mengembangkan wilayah dan mendapat pembinaan dari masyarakat, tandas bupati.

Kita tahu betul,campur tangan para ahli, pakar terutama berasal dari Perguruan Tinggi itu sangat menentukan bagi pertumbuhan dan kemajuan suatu daerah. Apalagi dengan konsep Governance, dimana masyarakat sekarang ini sangat membutuhkannya.

”Masyarakat desa sangat membutuhkan sentuhan-sentuhan Akademik, sentuhan pengalaman, sentuhan keahlian, hal inilah kami dari daerah sangat membutuhkan, dan tidak kalah pentingnya dengan lahirnya MoU ini tentu tidak mendapatkan keraguan terhadap pengembangan yang mau dilakukan baik kepentingan Perguruan Tinggi, begitu juga kepentingan Daerah Bone. Dengan adanya kerjasama ini, itu jadi payung Hukum,” ujarnya.

Bagi kami untuk melakukan kerjasama, tentu kami akan melihat Perguruan Tinggi yang Representasif bisa diajak kerjasama untuk membuat misalnya kajian-kajian Perda ataukah kerjasama pembinaan dan pengembangan ke tingkat Desa atau pembinaan Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas, sangat memungkinkan tergantung Perguruan Tinggi yang diajak kerjasama ini, kata Andi Fahsar Mahdin Padjalangi. (rls).

Pos terkait