PARIWARA

Samakan Perhitungan Iuran JKN-KIS, BPJS Kesehatan Watampone Gelar Rekonsiliasi

Samakan Perhitungan Iuran JKN-KIS, BPJS Kesehatan Watampone Gelar Rekonsiliasi

Watampone, Upeks.co.id – Dalam rangka menyamakan persepsi mengenai dasar perhitungan iuran jaminan kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, BPJS Kesehatan Cabang Watampone menyelenggarakan kegiatan rekonsiliasi data iuran PNS Daerah dan Anggota DPRD Kabupaten Sinjai bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Kamis (24/06).

“Dari kegiatan rekonsiliasi ini, kami menyepakati hasil perhitungan atas realisasi setoran iuran jaminan kesehatan segmen PPU Pemerintah Daerah yang telah dibayarkan ke kas negara untuk selanjutnya dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini bisa tercapai komunikasi dan hubungan kemitraan yang baik antara BPJS Kesehatan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan Pemerintah Daerah,” tutur Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Watampone Anggrawati.

Anggrawati menjelaskan, pada kegiatan rekonsiliasi data tersebut dilakukan pengumpulan dan validasi data iuran jaminan kesehatan yang telah dibayarkan oleh pemerintah daerah berdasarkan bukti penerimaan negara dan memastikan iuran yang dibayarkan menggunakan kode akun yang tepat. Anggrawati juga mengatakan apabila terdapat perubahan data kepesertaan dan terdapat selisih kurang atau lebih pembayaran berdasarkan hasil rekonsiliasi, maka akan dilakukan penyesuaian data pada bulan berikutnya dan diperhitungkan dalam pembayaran iuran bulan berikutnya.

“Dengan adanya acara, kami dapat lebih mudah melakukan cross check anggaran yang telah kami bayarkan maupun yang telah dipotong. Alhamdulillah melalui kegiatan ini dapat kami minimalisir terjadinya selisih,” tutur Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sinjai Haji Andi Bambang.

Ia menambahkan, Pemerintah Daerah bersama BPJS Kesehatan KPPN dan selalu melakukan rekonsiliasi data pembayaran iuran jaminan kesehatan secara rutin setiap triwulan atau caturwulan untuk memvalidasi data kepesertaan dan memvalidasi kebutuhan pembayaran iuran jaminan kesehatan bulanan. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top