Urus JKN-KIS Pakai Chika, Semudah Chatting Biasa

  • Whatsapp
Urus JKN-KIS Pakai Chika, Semudah Chatting Biasa

Urus JKN-KIS Pakai Chika, Semudah Chatting Biasa

Chika dapat diakses melalui tiga cara yaitu Facebook Messenger melalui akun BPJS Kesehatan RI dan kedua lewat Telegram BPJSKes_bot serta melalui WhatsApp ke nomor 08118750400. Adapun kebutuhan peserta yang dapat diselesaikan oleh Chika di antaranya mengecek status peserta, mengecek tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, registrasi peserta, serta mengubah data peserta.

Bayu (28), salah satu peserta Program JKN-KIS yang telah menggunakan Chika, mengaku sangat senang memanfaatkan keberadaan Chika melalui WhatsApp. Menurutnya, WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling sering dibuka pada handphone-nya karena teman-teman serta keluarganya semua menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi utama.

“Karena WhatsApp yang paling sering dibuka, jadi lebih praktis saja kalau chatingan dengan Chika di WhatsApp. Kalau saya lihat Chika ini sangat gampang diajak berinteraksi, bukan hanya untuk kalangan anak muda seperti kita ini, tapi saya yakin untuk orang yang lebih dewasa pun tidak akan menemukan kendala berarti dalam menggunakannya,” ungkapnya, Selasa (26/05).

Bayu juga menceritakan bahwa dalam pergaulannya dia sering mengenalkan Chika dengan teman-temannya. Harapannya agar tidak kebingungan lagi untuk mengetahui nomor kartu, jumlah tagihan, atau yang baru ingin mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Pernah juga baru-baru ini di grup SMA saya, ada yang tanya cara mengetahui jumlah tagihan BPJS Kesehatan seperti apa, jadi saya tinggal kenalkan dia sama Chika melalui WhatsApp,” katanya.

Tak lupa Bayu mengajak masyarakat untuk lebih memanfaatkan gadget untuk memastikan hak dan kewajiban seorang peserta dalam Program JKN-KIS dapat diketahui dan dilaksanakan sebaik-baiknya. (Jamkesnews)

Pos terkait