Terima Kasih, Iuran BPJS Kesehatan Kami Sekeluarga Dibiayai Pemerintah

  • Whatsapp
Terima Kasih, Iuran BPJS Kesehatan Kami Sekeluarga Dibiayai Pemerintah
Narasumber : Boyis (31)
Terima Kasih, Iuran BPJS Kesehatan Kami Sekeluarga Dibiayai Pemerintah
Narasumber : Boyis (31)

Baubau, Upeks.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan salah satu wujud hadirnya negara dalam memberikan perlindungan terhadap kesehatan rakyatnya.

Boyis (31), salah satu dari kepala keluarga peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah merasa sangat bersyukur karena pemerintah telah sangat membantu keluarganya. Boyis yang setiap hari bekerja sebagai nelayan ini, hanya memiliki penghasilan pas-pasan untuk menghidupi istri dan dua orang anaknya.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat bersyukur karena kami mendapatkan kartu ini. Sekarang biaya kesehatan sangat mahal apalagi kalau penyakit kita parah. Mengandalkan penghasilan dari melaut tentu hanya bisa memenuhi kebutuhan makan sehari-hari saja, kalaupun ada lebihnya kami harus sisihkan sedikit untuk biaya pendidikan anak-anak nantinya. Tapi saat ini sih sudah bagus kesehatan kami ditanggung pemerintah, sekolah juga sudah gratis,” kata Boyis sambil memegang erat kartu JKN-KIS miliknya saat bercerita kepada Jamkesnews, Selasa (26/05).

Boyis sekeluarga telah mendapat KIS sejak tahun 2018 silam. Selama menerima kartu tersebut, Boyis sekeluarga telah beberapa kali berobat di Puskesmas maupun di rumah sakit. Meskipun saat ini sudah tidak ada kendala dalam berobat yang dialaminya, Boyis ternyata memiliki pengalaman pahit saat harus membayar mahal biaya di rumah sakit karena belum memiliki kartu JKN-KIS.

“Kartu ini sangatlah penting. Mungkin bagi sebagian dari mereka yang sehat belum merasa membutuhkan, tapi sakit datangnya bisa kapan saja dan di mana saja tanpa memandang tua ataupun muda. Kami sekeluarga sudah merasakan manfaat dari kartu ini, beberapa kali kami berobat semuanya alhamdulillah ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Pada akhir pembicaraan Bokis mengajak masyarakat lainnya agar segera mendaftar ataupun melunasi iurannya. Menurutnya program ini sangat penting tapi harus ada kesadaran sejak dini pada saat masih sehat bukan menunggu sakit dulu baru mendaftar.

“Saya sampaikan terima kasih tak terhingga kepada pemerintah yang telah memperhatikan rakyat kecil seperti kami. Sejatinya Program JKN-KIS ini adalah kepedulian dan saling membantu antar sesama khususnya yang sehat kepada yang sakit. Jadi, marilah kita bersama-sama menyukseskan Program JKN-KIS ini dengan membayar iuran secara tepat waktu,” pesannya. (Jamkesnews)

Pos terkait