New Normal, Kanwil Kemenag Sulsel Terapkan Absensi Mobile Berbasis Android dan IOS

  • Whatsapp
New Normal, Kanwil Kemenag Sulsel Terapkan Absensi Mobile Berbasis Android dan IOS

New Normal, Kanwil Kemenag Sulsel Terapkan Absensi Mobile Berbasis Android dan IOS

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 16 tahun 2020 dan  Surat Gubernur Sulsel Nomor 800/4042/B.Organisasi, Kakanwil Kemenag Sulsel menerbitkan SE tentang  penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Covid-19 lingkup  Kanwil Kemenag Sulsel.

Bacaan Lainnya

Pemberlakuan sistem kerja baru di masa new normal ini tentunya akan berdampak pada terjadinya penumpukan  kembali pegawai di Kanwil Kemenag Sulsel yang berjumlah sekitar 250 orang.

Guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19, selain tetap menerapkan protokol kesehatan, pun  penggunaan absensi finger print (chek clock) untuk sementara waktu tidak digunakan dan digantikan dengan  absensi mobile berbasis android dan IOS yang didukung GPS Map Camera.

Sosialisasi penggunaan absensi mobile yang dirancang oleh Ilhamsyah Kasim (Pelaksana pada Bidang  Pendidikan Madrasah) ini dilaksanakan di Aula Lantai II Kanwil Kemenag Sulsel, (Rabu 8/7), dengan  menghadirkan 3 perwakilan dari tiap-tiap satker.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulbar H. Faturrahman pada sosialisasi absensi mobile ini  mengatakan bahwa dimasa pandemi covid-19 ini kita berhati-hati menggunakan absensi chek clock dan akan  menggantikannya dengan absensi melalui android.

“Seperti yang dibertiakan, di Semarang ada pegawai yang terpapar covid akibat penggunaan chek clock. Maka  untuk menghindari itu sehingga kami bersama Kasubag Kepegawaian dan Kasubag Umum dan Humas berinisiatif  membuat aplikasi absensi melalui android”, ucap H.Faturrahman.

Jika memang sudah efektif dan final, lanjut Faturrahman, maka abesensi mobile berbasis android dan IOS ini akan  mulai diterapkan pada hari Senin 13 Juli 2020.

H.Faturrahman menyampaikan bahwa Kakanwil sudah menyetujui penerapan aplikasi ini, dan memberikan  apresiasi khusus kepada Kasubag Umum dan Humas atas inovasinya yang luar biasa sehingga aplikasi ini bisa  diterapkan di Kanwil Kemenag Sulsel.

“Walau sudah ada instansi lain yang menggunakan, namun bapak Kakanwil mengapresiasi inovasi ini. Dan selama  belum ada petunjuk dari pusat maka absesni mobile ini akan tetap kita gunakan”, tandasnya.

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis singkat yang dipandu oleh Ilhamsyah, dengan harapan dalam penerapannya nanti tidak ada lagi kendala yang dihadapi oleh pegawai. (rls).

Pos terkait